Sukses

Gubernur Banten Dukung Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri

 

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Banten Wahidin Halim dan sejumlah tokoh agama mendukung penuh penunjukan Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Mereka menilai, Listyo Sigit punya segudang prestasi serta potensi menjadi pimpinan tertinggi di Korps Bhayangkara. Keyakinan itu berdasarkan pengalaman Sigit saat menjadi Kapolda Banten dan Kabareskrim Polri. Terlebih, Sigit sangat mudah bergaul dengan siapapun.

“Personality Pak Sigit baik. Walaupun kami beda keyakinan, namun tidak ada masalah. Dia mampu menyesuaikan diri dan menjembatani komunikasi dan koordinasi antar lembaga. Selama bekerja sama dengan saya sebagai gubernur, sinergi kami cukup baik dan lancar. Beliau sosok yang kalem dan koorporatif, namun tegas serta cepat beradaptasi,” ujar Wahidin, Sabtu (15/1/2020).

Wahidin mengungkapkan, Sigit adalah sosok yang suka membantu sesama. Namun dia tetap profesional. Sigit, kata dia, juga mampu berinteraksi secara baik dengan tokoh masyarakat, Muspida maupun ulama setempat.

“Dengan ulama, Pak Sigit cepat sekali beradaptasi. Beliau banyak melakukan pendekatan sehingga mendapatkan simpati yang luar biasa,” ujar pria yang akrab disapa WH ini.

Wahidin bercerita tentang Sigit saat masih memimpin Polda Banten. Perwira tinggi Polri itu pernah menggagas Tabligh Akbar, dan acara tersebut sukses karena berhasil mendatangkan banyak ulama, termasuk Habib Lutfi bin Yahya.

“Saya menilai di tingkat lokal Pak Sigit mampu beradaptasi, apalagi tingkat nasional. Saya yakin dengan keuletan dan kesabarannya, beliau dapat mengemban tugas yang lebih besar ini sebagai Kapolri,” ungkap WH.

 

2 dari 3 halaman

Bisa Merangkul Semua Golongan

Ketua Yayasan Hidayatul Umam Ikhsan Nur Agam mengapresiasi dan mendukung keputusan Presiden Jokowi memilih Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri.

Menurut Ikhsan, selama menjabat sebagai Kapolda Banten, Sigit mampu merangkul seluruh komponen masyarakat dari berbagai golongan. Sehingga dia meyakini, ketika menjadi Kapolri nanti, Sigit juga bisa melakukan hal yang sama.

"Kami sangat mendukung beliau sebagai Kapolri karena beliau pernah menjadi Kapolda Banten dan mampu nyatukan semua komponen masyarakat," ujar Ikhsan.

Selain itu, kata dia, sosok Sigit yang mempunyai jiwa nasionalisme tinggi dan memiliki segudang pengalaman dan prestasi diyakini akan membawa perubahan yang lebih baik untuk internal Polri serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Indonesia.

"Beliau menunjukkan pemimpin yang nasionalis dan teruji," ucap Ikhsan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: