Sukses

Layani WNA di Luar Kantor, Imigrasi Tangerang Menjadi yang Pertama di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Untuk pertama kalinya di Indonesia, pelayanan atau konter untuk Warga Negara Asing (WNA) dibuka di luar kantor keimigrasian. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, membukanya di Universitas Pelita Harapan (UPH) untuk melayani keimigrasian ribuan ekspatriat di kampus tersebut.

"Immigration Corner, ini inovasi melayani WNA pertama di Indonesia, dimana seluruh pelayanannya bukan di kantor. Kalau pelayanan paspor di luar kantor mungkin hal yang lazim, tapi ini semua pelayanannya," tutur Felucia Sengky, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Selasa (29/12/2020).

Pasalnya, di lingkungan kampus internasional tersebut, ada sekitar 1.300 warga negara asing yang beraktifitas. Mulai dari tenaga pengajarnya sampai mahasiswanya, juga berasal dari berbagai negara.

"Dari data yang kami dapat, yang mendominasi itu tenaga pengajar beserta keluarganya. Barulah mahasiswanya," tutur Sengky.

Namun, karena pandemi Covid-19, layanan pun dibatasi. Yakni dengan cara membuat reservasi pelayanan, bila sudah sepakat, maka petugas Imigrasi Tangerang akan melakukan pelayanan di corner tersebut.

Menurut Sengky, bila nantinya pandemi sudah berakhir, pelayanan akan diperluas untuk WNA yang tinggal di lingkungan Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang.

 

2 dari 2 halaman

WN Cina Mendominasi

Sementara, Sengky menguraikan, sepanjang 2020, WN Cina mendominasi dalam pemberian izin tinggal di Imigrasi Klas I Tangerang, yakni sebanyak 4.884 orang. Lalu, peringkat berikutnya masih didominasi oleh warga negara asing asal Asia.

"Seperti Korea Selatan itu sebanyak 3.955 orang dan Pilipina 878 orang," tutur Sengky.