Sukses

Penguatan Kearifan Lokal, Sanggar Maheswari Production Terima Hibah Kemensos

Liputan6.com, Jakarta - Penguatan Kearifan Lokal, salah satu program unggulan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, kembali memperkuat perannya dalam memberikan apresiasi terhadap talenta daerah. Di kesempatan kali ini Kemensos memberikan apresiasi berupa bantuan dana hibah untuk sanggar tari Maheswari Production Indonesia.

Melalui program Penguatan Kearifan Lokal ini, sanggar Maheswari Production Indonesia yang terletak di Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat ini mendapatkan dana bantuan hibah senilai Rp 50 juta.

Penyerahan bantuan hibah ini diwakilkan oleh Dinas Sosial Kota Depok. Nur Haryati, S.H, M.Si selaku perwakilan Dinas Sosial Kota Depok menjelaskan bahwa pemberian dana bantuan dari Kemensos ini dilakukan untuk mendorong masyarakat dalam mengembangkan kearifan lokal. Bukan hanya itu, program Penguatan Kearifan Lokal ini juga menjadi salah satu bentuk upaya dari Kemensos mencegah terjadinya radikalisme.

"Tujuan dari pemberian dana hibah ini adalah salah satu cara untuk pencegahan radikalisme yang sedang marak saat ini. Dana hibah ini tidak hanya terbatas untuk sanggar tari saja, tetapi juga untuk sanggar musik seperti gambang kromong dan UMKM," ujar Nur Haryati.

Sementara itu, Lydia Devi Nurshanti selaku pimpinan Maheswari Production Indonesia mengatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Dengan adanya bantuan tersebut maka bisa menambah semangat anggotanya agar lebih giat dalam belajar tentang budaya, khususnya seni tari.

Rencananya, dana hibah tersebut oleh Maheswari Production Indonesia akan dipakai untuk pembelian inventaris sanggar, seperti kaca latihan, alat musik rapai, dan sejumlah kostum tari tradisional untuk pengembangan sanggar.

"Dana hibah ini akan kami pakai untuk pembelian inventaris sanggar yang kami gunakan untuk mendukung acara rangkaian pagelaran Tari dan Musik Virtual Sketsa Khatulistiwa. Kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Kemensos," ujar Lydia.

Lydia pun berharap program dana hibah ini dapat menjadi motivasi para pegiat seni untuk terus berkarya, sehingga sanggar-sanggar seni pun bisa menjadi tempat aktivitas generasi muda yang positif.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Anggota Sanggar 50 Orang

Sanggar Maheswari Production Indonesia sendiri berdiri sejak 2017. Sanggar ini bergerak dengan tujuan melestarikan dan mengembangkan seni, khususnya seni tari dan musik tradisional.

Hingga saat ini, Maheswari Production Indonesia telah menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan bakat dan kecintaannya terhadap tari dan musik tradisional dengan jumlah anggota sekitar 50 orang.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: