Sukses

Rizieq Shihab Berkenan Diperiksa Penyidik Polda Metro Jaya, Ini Alasannya

Sugito menjelaskan, Rizieq Shihab datang seorang diri dalam pemeriksaan hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah penasihat hukum Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab telah tiba di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020) pagi.

Salah satu penasihat hukum, Sugito Atmo Pawiro membenarkan, Rizieq Shihab akan memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai tersangka atas kasus dugaan pelanggaran protokol. Sugito menyebut, rencana kedatangan ini merupakan inisiatif dari Rizieq Shihab sendiri.

"Sebenarnya tim laywer sudah berkomitmen dengan penyidik akan BAP Beliau itu hari Senin tapi HRS bilang nggak usah menunggu terlalu lama biar tidak jadi simpang siur nanti beritanya nggak jelas," kata dia di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020).

Sugito menjelaskan, Rizieq Shihab datang seorang diri. Semetara itu, lima tersangka lain yakni Ubaidillah, Ali Bin Alwi Alatas, Maman Suryadi, Sobri Lubis, dan idrus tak ikut mendampingi.

"Jadi begini, untuk sementara Beliau dulu karena Polda kan lebih mengutamakan Beliau. Nanti setelah itu baru lima tersangka," tandas dia.

Sebelumnya, Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyampaikan bahwa dirinya bakal mendatangi Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) pagi. Hal itu menyusul penetapan dirinya sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang menimbulkan kerumunan selama pandemi Covid-19.

"Pada malam ini saya umumkan untuk seluruh anak bangsa, insyaallah besok hari Sabtu, tanggal 12 Desember 2020 di pagi hari, saya bersama pengacara akan datang ke Polda Metro Jaya. Insyaallah," tegas Rizieq seperti disaksikan Liputan6.com dalam video yang ditayangkan kanal Youtube Front TV, Sabtu dinihari.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan pada Pendukung

Rizieq Shihab juga meminta masyarakat tidak datang ke Polda Metro Jaya agar tidak tercipta kerumunan.

"Kepada semua umat Islam, saya minta tidak membuat kerumunan, jadi jangan sampai mengganggu proses hukum ini. Sabar, tenang, ikuti proses hukum ini yang baik, ikuti aturan yang ada," kata Rizieq.

Dia meminta masyarakat cukup mendoakan dirinya saja dari rumah dan tidak perlu hadir agar tidak tercipta kerumunan lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.