Sukses

Jokowi Minta Masyarakat Lebih Peka dengan Keberadaan Penyandang Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat lebih peka dan peduli dengan para penyadang disabilitas. Hal ini disampaikan Jokowi dalam rangka Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember.

"Saya berharap, masyarakat lebih peduli dan peka dengan keberadaan saudara-saudara kita ini," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Kamis (3/11/2020).

Dia mengingatkan bahwa banyak penyandang disabilitas yang berkegiatan, belajar, dan ikut terdampak pandemi Covid-19. Jokowi ingin para penyandang disabilitas juga dapat berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

"Bersama-sama mendapatkan ruang yang lapang untuk kehidupan yang lebih baik, serta mendapatkan akses untuk berpartisipasi dalam pembangunan," ujarnya.

Sebagai informasi, puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 dirayakan Kamis (3/12/2020). Presiden Joko Widodo direncanakan memberikan sambutan secara daring.

Di Indonesia sendiri, acara pembukaan Hari Disabilitas Internasional 2020 telah dimulai sejak 18 November lalu. Dalam rangka menyambut HDI 2020, Kemensos mengadakan berbagai kegiatan menarik di acara pembukaan dan konferensi pers HDI 2020, salah satunya peluncuran situs Creative Disabilities Gallery.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Alat Bantu Disabilitas

Tema Hari Disabilitas Internasional yang diangkat tahun ini adalah "Building Back Better: toward a disability inclusive, accessible and sustainable post COVID-19 world" (Membangun kembali kehidupan yang lebih baik ke arah yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca pandemi COVID-19).

Acara HDI 2020 sendiri dibuka langsung oleh Mensos Juliari Batubara. Selain memberikan sambutan dalam kegiatan launching Website Creative Disability Gallery, Mensos turut menyerahkan bantuan sosial berupa alat bantu disabilitas secara simbolis yang dilakukan di Gedung Aneka Bhakti, Jalan Salemba Raya No.28 Jakarta Pusat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: