Sukses

Jokowi Akan Berpidato di KTT ASEAN ke-37

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangkaian giat KTT ASEAN ke-37. Melalui rekaman video, pidato itu akan disampaikan kepada para peserta ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) pada 13 November 2020.

"Ini pertemuan khusus mengenai bisnis dan investasi ini akan mengusung tema 'Digital ASEAN: Sustainable and Inclusive," tulis siaran pers Kementrian Luar Negeri Indonesia, Kamis (12/11/2020).

Pidato Jokowi, nantinya akan menegaskan pentinganya fourth industrial revolution (4IR) dalam menstimulasi pertumbuhan, perdagangan, dan investasi di tengah guncangan pandemi dan berbagai tantangan yang dihadapi di kawasan.

"Karena KTT ASEAN juga direncanakan akan menghasilkan sebanyak 38 dokumen yang akan disepakati di ASEAN," jelas siaran pers tersebut.

Sejumlah dokumen yang disepakati, seperti Ha Noi Declaration on the ASEAN Community's Post-2025 Vision, ASEAN Comprehensive Recovery Framework and Its Implementation Plan, Ha Noi Declaration on Strengthening Social Work Towards Cohesive and Responsive ASEAN Community.

"ASEAN juga akan menyepakati Narrative of ASEAN Identity yang merupakan inisiatif Indonesia untuk mendorong identitas ASEAN di semua level masyarakat untuk pembangunan masyarakat ASEAN yang menyeluruh," tandas rilis tersebut. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Buka Kembali Kegiatan Ekonomi

Diketahui, KTT akan mendorong implementasi beberapa kesepakatan yang telah diinisiasi khususnya pada ASEAN Plus Three (APT).

Ini adalah salah satu inisiatif yang diusung oleh Indonesia pada KTT ini adalah upaya membangun komitmen bersama ASEAN untuk segera membuka kembali konektivitas dan memulihkan kegiatan ekonomi di ASEAN melalui ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: