Sukses

Irigasi Perpompaan Bantu Petani Ketapang Lampung Selatan Tingkatkan Produktivitas

Petani diharapkan bisa meningkatkan produktivitas hasil tani dengan memanfaatkan irigasi perpompaan dari Kementan.

Liputan6.com, Lampung Selatan- Petani di Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel) mendapatkan bantuan irigasi perpompaan dari Ditjen Prasana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan. Irigasi perpompaan ini diyakini bisa menambah produktivitas hasil pertandingan di Ketapang.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan kegiatan irigasi perpompaan dilakukan untuk memaksimalkan potensi air yang ada di sawah-sawah petani.

"Kegiatan pompa dilakukan karena masih ada sumber air yang bisa dimanfaatkan. Air-air ini kita pastikan bisa mencapai petak-petak lahan persawahan agar pertanian bisa terus berlangsung," katanya seperti keterangan tertulis yang diterima media.

Sementara Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, yang meninjau langsung proses pengerjaan irigasi perpompaan bersama Komisi IV DPR RI, mengaku senang dengan progres yang diperlihatkan.

“Ada 5 titik yang menjadi lokasi kegiatan perpompaan ini. Kita lihat progres pengerjaannya sangat baik dan maksimal, mudah-mudahan bisa mendukung pertanian di Ketapang,” katanya.

Sarwo Edhy pun berharap kegiatan ini bisa berdampak pada peningkatan produktivitas dan juga indeks pertanaman bagi petani di Ketapang Lamsel.

 

Saksikan Video Kementan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sungai Way Pisang

 

Kegiatan irigasi perpompaan di Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang dikerjakan Kelompok Tani Wahyu Bintara dengan memanfaatkan sungai Way Pisang.

Dalam kegiatan ini dibangun juga rumah mesin, dan dilengkapi mesin penggerak 12 PK, pompa air sentrifugal 4 inchi, selang hisap 4 inchi, pipa tanam 4 inchi. Total areal yang diairi adalah 25 hektar lahan area persawahan.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Kegiatan irigasi perpompaan ini bukti keseriusan dukungan pemerintah untuk pertanian. Oleh karena itu harus sama – sama dijaga,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.