Sukses

2 Minggu Ditangani Luhut, Angka Kematian Covid-19 di Beberapa Provinsi Prioritas Meningkat

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan hasil kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menangani corona di 10 provinsi prioritas selama dua minggu. Wiku mengakui bahwa kasus kematian Covid-19 di 10 provinsi dalam rentang 13-27 September 2020 cenderung stagnan.

"Untuk kematian cenderung stagnan, bahkan terjadi peningkatan di sejumlah provinsi prioritas," ujar Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (1/10/2020).

Adapun sejumlah provinsi yang kasus kematiannya meningkat antara lain, Jawa Timur, Sumatera Utara, Papua, Bali, dan Banten. Sementara, angka kematian Covid-19 di DKI Jakarta Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan sudah mengalami penurunan.

Wiku merinci kasus kematian pasien corona di Jakarta pada 13 September berada di angka 2,57 persen. Kemudian, mengalami penurunan pada 27 September di angka 2,39 persen.

Sedangkan, di Jawa Timur mengalami peningkatan dari 7,25 persen pada 13 September menjadi 7,27 persen pada 27 September. Untuk itu, Wiku meminta pemerintah daerah baik di 10 provinsi prioritas maupun provinsi lainnya berupaya keras menekan angka kematian.

Salah satunya, dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19. Dia meyakini dengan perawatan yang baik dapat mengurangi jumlah pasien yang meninggal.

"(Juga) Penanganan kasus terutama pada gejala sedang dan berat sehingga angka kematian dapat ditekan menjadi tidak ada penambahan angka sama sekali," jelas Wiku.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Ditunjuk Tangani Covid-19

Sebagai informasi, Luhut ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi menangani Covid-19 di sejumlah provinsi prioritas pada 13 September 2020. Luhut ditugasi Jokowi bersama Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

Targetnya, menurunkan kasus harian Covid-19, meningkatkan angka kesembuhan, dan menurunkan angka kematian Covid-19

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: