Sukses

Stadion Patriot Bekasi Tambah Ruang Isolasi Covid-19

Liputan6.com, Bekasi - Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, telah sepenuhnya berubah fungsi menjadi pusat rawat khusus pasien isolasi mandiri, dari yang semula pusat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sejumlah blok telah diubah menjadi ruang isolasi pasien positif yang saat ini jumlahnya terus meningkat. Kantor Dinas Kesehatan dan layanan rapid test yang sebelumnya dilakukan di Gate 13, kini berpindah ke Gate 7 stadion.

"Gate 13 kini telah menjadi Instalansi Gawat Darurat (IGD) dan ruang untuk pasien terpapar positif bagi isolasi mandiri," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi alias Pepen, Rabu (23/9/2020).

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 itu berujar, kantornya yang berada di Gate 12, kini juga telah berpindah ke Gate 19 dikarenakan ada penambahan ruang isolasi.

"Berpindah hari ini, karena blok sebelumnya akan ditambahkan khusus untuk penanganan pasien isolasi mandiri," ujarnya.

Selain kantor ketua gugus tugas, sambungnya, Gate 19 yang sebelumnya diisi oleh KONI Kota Bekasi, juga digunakan sebagai ruang administrasi bagian tata usaha, sekretaris daerah, staf ahli wali kota dan asisten daerah.

Lanjut Pepen, Pemkot Bekasi juga menyediakan fasilitas lengkap di ruang rawat isolasi khusus mandiri di Gate 13. Diantaranya ruang IGD, nurse station, blok, ruang isolasi, 57 bed pasien, kamar berkapasitas 5-11 orang.

Ia pun mengimbau bagi masyarakat Kota Bekasi yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa penyakit bawaan (komorbid), agar mendatangi Stadion Patriot jika kondisi rumah tak memungkinkan untuk isolasi mandiri.

"Bagi warga yang terpapar serta rumahnya tidak representatif, akan dibawa dan dikhususkan penanganannya di area Stadion Patriot," paparnya.

2 dari 3 halaman

Bantu Pasien Isolasi Mandiri

Dengan bertambahnya ruang isolasi mandiri di Stadion Patriot, diharapkan Pepen dapat membantu mengatasi kesulitan para pasien yang membutuhkan penanganan.

Di samping itu, Pemkot Bekasi juga menggandeng sejumlah hotel untuk dijadikan sebagai ruang isolasi mandiri bagi warga yang terpapar Corona.

"Kita melihat situasi untuk The Green Hotel Bekasi yang akan menambah bantuan dalam menangani penginapan bagi isolasi mandiri," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: