Sukses

Doni Monardo: Siapa Bisa Jamin Covid-19 Berakhir Meski Ada Vaksin?

Menurut dia, masalah Covid-19 ini sudah menjadi masalah global dan sekarang bila dlihat korbannya bukan makin menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menilai, adanya vaksin tidak bisa menjamin pandemi Covid-19 akan berakhir. Hingga saat ini pun belum ada yang bisa memprediksi kapan pandemi akan hilang.

"Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, apakah tahun depan, iya kalau tahun depan kalau ternyata tidak?. Vaksin ini sangat dinantikan, tapi apakah dengan vaksin Covid ini akan berakhir?" ujar Doni Monardo dalam raker dengan Komisi VIII DPR, Selasa (22/9/2020).

"Siapa yang bisa menjamin adanya vaksin, Covid akan berakhir? dan yang dapat vaksin kam tidak semuanya atau belum semuanya jadi semua ini harus kita perhitungan dengan cermat," tambahnya.

Menurut Doni, masalah Covid-19 ini sudah menjadi masalah global dan sekarang bila dlihat korbannya bukan makin menurun. Dia bilang, beberapa negara yang sudah bangga bisa menekan laju corona, justru sekarang muncul lagi.

"Kalau boleh saya katakan, tidak ada satupun sejengkal tanah yang aman ketika negara yang masyarakatnya masih terpapar Covid, ini pola pingpong atau sistem pingpong," ucap Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Ketergantungan

Doni melanjutkan, tidak bisa negara lain egois dalam penanganan Covid-19. Apalagi di Indonesia, antar provinsi antar kabupaten dan kota saling ketergantungan.

"Tidak ada batas teritori Covid ini bisa dilokalisir di suatu kabupaten kota, pasti akan berkembang terus selama satu sama lainnya tidak bisa menjaga, tapi kalau semuanya kompak bisa menjaga insya Allah bisa tertangani dengan baik tetapi itu pun sedikit aja lengah itu Covid akan datang kembali," pungkasnya. 

 

Reporter: M Genantan

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.