Sukses

Istana Sebut Menag Sempat Ikuti Sidang Kabinet di Istana Negara 7 September

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengakui bahwa Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pernah menghadiri sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin 7 September 2020. Rapat itu dihadiri sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju dan dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal tersebut diketahui dari video yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden. Dalam video itu, tampak kehadiran Fachrul Razi mengikuti sidang kabinet paripurna dengan memakai kemeja putih, peci bewarna hitam, serta masker.

"Sepertinya ada awal paripurna, beliau (Menag) hadir. Sudah dicecek protokol hadir 7 September," kata Heru kepada wartawan, Senin (21/2020).

Adapun Menteri Agama Fachrul Razi baru saja diumumkan positif terjangkit virus corona (Covid-19). Heru menyebut para menteri telah dites swab terlebih dahulu sebelum mengikuti rapat yang membahas Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi 2021.

"Saat itu hasil swab negatif," ucapnya.

Heru sekaligus meralat pernyataannya yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah dua bulan tak bertemu Menag. Meski begitu, dia menuturkan bahwa Presiden Jokowi memiliki jadwal rutin melakukan tes swab untuk mendeteksi Covid-19.

Selain itu, Heru memastikan bahwa protokol kesehatan di lingkungan Istana Kepresidenan juga telah diperketat. Setiap tamu ataupun pejabat yang hendak bertemu Jokowi, harus melakukan tes swab terlebih dahulu.

"Pak Presiden tetap jaga jarak, pakai face shield, terus ruangan di Istana kan dibuka semua. Enggak pake AC," jelas Heru.

2 dari 3 halaman

Positif Covid-19

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19. Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, mengatakan kondisi Fachrul saat ini dalam keadaan baik.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif," kata Kevin saat dikonfirmasi, Senin (21/9/2020).

Meski dinyatakan positif Covid-19, Kevin menegaskan, kondisi Fachrul Razi dalam keadaan baik dan tanpa gejala yang mengkhawatirkan. Kevin menambahkan, saat ini Fachrul Razi menjalani isolasi dan istirahat. Hal ini dilakukan sebagai komitmen taat protokol kesehatan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: