Sukses

Polisi: Ulangi Kesalahan, Pelanggar PSBB Jakarta Didenda Kelipatan Rp 250 Ribu

Besaran denda akan berkali lipat ketika pelanggaran dilakukan berulang selama PSBB.

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di Jakarta akan didenda mulai Rp 250 ribu dan kelipatannya. Besaran denda akan berkali lipat ketika pelanggaran dilakukan berulang.

"Sanksi denda, sudah diatur denda progresif," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

"Sekali dikasih tahu ada denda, dua kali nanti akan lebih banyak dendanya dua kali lipat, tiga kali atau empat kali sampai dengan usaha ada dalam aturan Pergub 79," imbuh dia soal sanksi di PSBB.

Denda administrasi sesuai peraturan gubernur adalah sebesar Rp 250 ribu. Namun, bila pelanggar menolak untuk membayar denda ada sanksi alternatif, yakni hukuman kerja sosial.

"Kerja sosial dengan mengenakan rompi selama satu jam membersihkan sarana umum," tegas Yusri soal sanksi pelanggar protokol kesehatan saat PSBB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

221 Pelanggar di Hari Pertama PSBB

Sanksi akan dikenakan kepada pelanggar yang tak disiplin protokol kesehatan. Seperti tidak menggunakan masker.

Pada hari pertama, polisi menindak 221 pelanggar. Sebagian besar dari mereka ditindak karena tak bermasker saat keluar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.