Sukses

Polisi Belum Temukan Kaitan Penusuk Syekh Ali Jaber dengan Kelompok Teroris

Kepada penyidik, pengaku mengaku gemar menyaksikan ceramah Syekh Ali Jaber di televisi.

Liputan6.com, Jakarta Polisi masih menelusuri rekam jejak Alpin Andrian (24), tersangka penusuk Syekh Ali Jaber. Sejauh ini, polisi belum menemukan kaitan Alpin dengan kelompok jaringan teroris.

"Ya sampai sejauh ini kita belum menemukan hal kesana (kaitan dengan jaringan teroris)," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Senin (14/9/2020).

Dari hasil pemeriksaan sementara, Alpin mengaku menghunuskan pisau dapur ke arah Syekh Ali Jaber karena selalu terbayang-bayang wajah korban.

Kepada penyidik, Alpin mengaku gemar menyaksikan ceramah Syekh Ali Jaber di televisi.

"Pemeriksaan dari tersangka tadi malam dalam pengakuannya dia itu rasanya merasa sering melihat di televisi itu aja. Sehingga dia merasa terbayang-bayangi wujud atau fisik Syekh Ali Jaber, sehingga dia melakukan tindakan tersebut. Itu yang ada di alam pikiran dia," papar Pandra.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Rezky Maulana menerangkan, pihaknya melibatkan Satgas Teroris yang ada di Polda Lampung untuk mendalami latar belakang penyerang Syekh Ali Jaber.

"Yang pasti kita sudah berkoordinasi dengan satgas-satgas yang ada di sini. Memprofiling kira-kira ada kaitanya atau tidak. Nanti perkembangan pasti kita sampaikan," kata Rezky.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diserang saat Isi Pengajian

Penceramah, Syekh Ali Jaber ditusuk Alpin Andrian (24) di kawasan Bandar Lampung, Minggu (13/9/2020) sore. Syekh Ali Jaber mengalami luka tusuk di lengan bagian kanan.

Penusukan terjadi saat dai ternama itu memberikan ceramah. Video insiden penyerangan itu juga viral di media sosial.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad membenarkan hal tersebut. Pandra mengatakan, awalnya Syekh Ali Jaber tengah memberikan tausiah di salah satu pengajian, namun tiba-tiba orang tidak dikenal menusuknya.

"Saat itu tiba-tiba ada seseorang pria yang tidak dikenal langsung menghampiri dari sebelah kanan, nah dengan itu terjadilah (penusukan)," ujar Pandra saat dihubungi, Minggu (13/9/2020).

Menurut Pandra, Syekh Ali Jaber sempat menghalau serangan dari pria yang tak dikenal tersebut, sehingga lengan kanannya mengalami luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.