Sukses

3 Pabrik di Kota Tangerang Jadi Kluster Penyebaran Covid-19

Wali Kota melakukan peningkatan pengawasan dari sisi operasional harian pabrik-pabrik yang ada di Kota Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya PT Gadjah Tunggal saja, ternyata ada tiga pabrik di Kota Tangerang yang diketahui banyak karyawannya yang terpapar virus Covid-19. Hal tersebut diutarakan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah kepada sejumlah awak media.

"Sejauh ini, kalau tidak salah, itu ada tiga pabrik ya. Jumlahnya satu klaster ada yang sampai 43 (orang), ada yang 13 (orang)," tutur Wali Kota Tangerang Arief, Rabu (9/9/2020).

Namun, kasus klaster pabrik tersebut sudah cukup lama. Yakni terjadi pada Agustus 2020 dan sudah ditangani dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 serta Puskesmas terdekat dengan pemukiman karyawan yang terpapar Covid-19.

"Sudah ditangani, karena itu terjadi di bulan Agustus. Sekarang kita lakukan peningkatan pengawasan dari sisi operasional harian pabrik-pabrik yang ada di Kota Tangerang," ujar Arief.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengawasan yang Ketat

Dia menjelaskan, pengawasan penerapan protokol kesehatan di pabrik diperketat lantaran masih banyak pabrik yang melakukannya dengan tidak benar.

"Misalnya cuci tangannya asal, pakai maskernya tidak benar, misalnya tempat makan karyawannya tidak dikurangi kapasitasnya. Jadi buka masker, makan sambil ngobrol," tutur Arief.

Makanya, gugus tugas penanganan Covid-19 memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi. Sehingga tidak muncul klaster baru, meskipun pabrik masih bisa menjalankan operasionalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.