Sukses

Calon Wali Kota Cilegon Petahana Ratu Ati Marliati Positif Covid-19

Ratu Ati Marliyati harus mengisolasi mandiri di rumahnya dan tidak boleh beraktivitas keluar rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Calon kepala daerah (Cakada) Cilegon, Ratu Ati Marliati dinyatakan positif terpapar Covid-19 usai memeriksakan diri di laboratorium Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) Cilegon. Hasilnya keluar Selasa (8/9/2020) malam. Lantaran itu, Ratu Ati Marliati harus mengisolasi mandiri di rumahnya dan tidak boleh beraktivitas keluar rumah.

"Terkonfirmasi, terdeteksi untuk satu bapaslon dan sudah kita sampaikan surat untuk melakukan isolasi mandiri sampai batas waktu yang tidak ditetapkan," kata Ketua KPU Cilegon, Irfan Ali, saat memberikan keterangan persnya di kantor KPU Cilegon, Rabu malam.

Kesehatan Ratu Ati akan dipantau oleh tim medis dari Satgas Covid-19 Cilegon dan tim medis Cakada. Khusus untuk Ati, pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasangan calon (Bapaslon) akan ditunda hingga hasil swab dinyatakan negatif.

"KPU berdasarkan keterangan surat itu, menetapkan penundaan pemeriksaan kesehatan dan teknisnya di tim pemeriksa kesehatan," terang Irfan Ali.

Meski dinyatakan positif Covid-19, KPU tidak serta merta membatalkan pencalonan yang bersangkutan. Ratu Ati Marliati akan tetap mengikuti tahapan pencalonan dan baru bisa tampil ke publik jika sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Ini tidak berimplikasi langsung membatalkan calon, tapi nanti ada fase istirahat atau isolasi mandiri sampai negatif untuk kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan dan keterangan ini berdasarkan tim pemeriksaan kesehatan RS," jelas Irfan Ali.

Ratu Ati Marliati sedianya maju sebagai calon Wali Kota Cilegon bersama Sokhidin. Ratu Ati saat ini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Cilegon dan kader Partai Golkar. Sedangkan Sokhidin, maju sebagai wakilnya yang notabene politikus Partai Gerindra.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratu Ati Tak Terlihat

Saat mengikuti tes kesehatan sebagai tahapan pilkada di RSUD Cilegon, Ratu Ati Marliati memang tidak terlihat, hanya Sokhidin yang datang seorang diri. Namun hasil swab Sokhidin dinyatakan negatif Corona.

Kemudian tiga pasangan cakada lainnya, Iye Iman Rohiman-Awab, Ali Mujahidin-Firman Mutakin dan Helldy Agustian-Sakhruji, tetap mengikuti test kesehatan dan hasilnya negatif Corona.

Ratu Ati Marliati dan Sokhidin mendaftar ke KPU pada Jumat 4 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB. Kemudian sore harinya, cakada Ali Mujahidin-Firman Mutakin mendaftarkan diri di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.