Sukses

BPH Migas Resmikan BBM Satu Harga di Kabupaten Tojo Una Una Sulawesi Tengah

Peresmian Program BBM 1 Harga SPBU Kompak di Desa Cempa, Kec.Ulubongko Kabupaten Tojo Una Una Sulawesi Tengah,

Liputan6.com, Jakarta Ada yang berbeda pada peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 75 di Desa Cempa, Kecamatan Ulubongko Kabupaten Tojo Una Una Sulawesi Tengah. Bupati Kabupaten Tojo Una Una Mohamad Lahay didampingi Kasubdit Pengaturan BPH Migas Heribertus Joko Kristiadi dan Uki Atma Nagara Sales Area Manager Sulawesi Tengah & Sulawesi Barat meresmikan SPBU Mini 3 T BBM 1 Harga, Rabu (19/8/2020).

Peresmian Program BBM 1 Harga SPBU Kompak 75.94620 Desa Cempa, Kec.Ulubongko Kabupaten Tojo Una Una Sulawesi Tengah ini merupakan peresmian BBM 1 Harga yang ke 2 ditahun 2020 dan menjadi peresmian ke 172 sejak tahun 2017. Peresmian SPBU yang menjual BBM satu harga itu, menggunakan tempat penyimpanan BBM tangki pendam dengan kapasitas 800 KL.

Untuk mengirim BBM ke SPBU Kompak ini tidaklah mudah karena BBM dipasok dari Supply Point Terminal BBM Poso yang berjarak ± 130 km atau 3,5 - 4 jam perjalanan darat. Dengan diresmikan BBM 1 Harga ini, pengguna jalan yang melewati jalan Trans Sulawesi bisa mendapatkan BBM di SPBU ini. Jarak dengan SPBU terdekat adalah di dalam kota Ampana yaitu SPBU Ampana Bailo sekitar 35 km dan untuk arah ke Poso sekitar 100 km.Diharapkan masyarakat sekitar dan pengguna jalan Trans Sulawesi bisa merasakan dampak positif bagi perekonomian mereka.

Peresmian BBM satu harga ini, karena pemerintah ingin mewujudkan keadilan ketersediaan, keadilan distribusi, dan keadilan harga di bidang energi dan ini tidak hanya jargon, tapi telah dibuktikan dengan diresmikannya program BBM satu harga di Desa Cempa Kabupaten Tojo Una Una Sulteng mulai hari ini,"

Dalam sambutan Kepala BPH Migas yang dibacakan Kepala Seksi Pengaturan Pendistribusian Heribertus Joko Krostiadi, menyampaikan bahwa dengan diresmikannya BBM satu harga tersebut, maka masyarakat yang sebelumnya membeli BBM Premium dengan harga Rp.10.000 dan Solar dengan harga Rp 8.000 ke tingkat pengecer dengan harga tinggi, kini mereka sudah bisa membeli BBM dengan harga sama dengan yang dijual di kota-kota, yakni premium Rp6.450/liter, dan solar Rp5.150/liter.

"Untuk Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020 - 2024 terdapat target sejumlah 14 Penyalur, sedangkan di Kabupaten Tojo Una Una sampai dengan tahun 2024 dengan target 7 Penyalur di 7 lokasi," jelasnya.

 BPH Migas telah menetapkan kuota Jenis BBM Tertentu tahun 2020 untuk Kab. Tojo Una Una sebesar 4.496 KL dan kuota BBM Khusus Penugasan untuk Kab. Tojo Una Una sebesar 6.266 KL.

Dirinya juga berharap agar penyaluran BBM satu harga ini diawasi ketat oleh semua pihak terkait, baik TNI/Polri dan pemerintah setempat, agar penyalurannya tepat sasaran."BBM subsidi jangan sampai dijual ke pihak industri, karena ini hak masyarakat kecil seperti nelayan. Kami berharap dengan membeli BBM satu harga ini, maka keuntungan para nelayan lebih besar lagi, sehingga mereka balik ke rumah dengan hati yang lebih bahagia lagi," ujarnya.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.