Sukses

Doa Lengkap Menag saat Upacara HUT ke-75 RI

Mengawali doanya saat upacara HUT ke-75 RI, Menag Fachrul mengucapkan rasa syukur karena saat ini Indonesia sudah bebas dari belenggu penjajah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi didaulat membacakan doa pada upacara HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Upacara kemerdekaan HUT ke-75 RI ini hanya diikuti sejumlah orang. Sisanya, ribuan tamu undangan lain mengikuti secara virtual.

Mengawali doanya, Fachrul mengucapkan rasa syukur karena saat ini Indonesia sudah bebas dari belenggu penjajah. Tak lupa, ia juga bersyukur karena Indonesia masih bisa merayakan HUT ke-75 RI.

"Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala puji kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-75," ujar Menag Fachrul mengawali doanya, seperti dilansir Antara, Senin (17/8/2020).

Dengan mengenakan pakaian adat Aceh, Menag Fachrul melangitkan harapan agar Indonesia terus mendapat limpahan rahmat Allah, sehingga mampu membangun diri menjadi bangsa yang maju dan kompetitif.

Tak lupa, ia mendoakan para pahlawan bangsa senantiasa mendapat kasih sayang-Nya, serta Indonesia segera terbebas dari pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya," ucap Menag Fachrul.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Lengkap

Berikut doa lengkap yang dibacakan oleh Menag Fachrul dalam upacara HUT Ke-75 RI:

"Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala puji kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-75.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Bijaksana. Dengan semangat proklamasi kemerdekaan yang ke-75 ini, berikanlah ridha-Mu yang tak terputus pada kami, untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, sejajar, dan berkompetisi dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia. Teguhkan persatuan dan kesatuan kami, agar kami dapat menapak dengan kokoh kuat dalam membangun bangsa tercinta ini.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih. Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ampunilah segala kesalahan mereka dan terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan muliakan mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Melindungi.Di tengah wabah COVID-19 yang masih berlangsung sampai dengan saat ini, semakin menyadarkan kami, bahwa betapa lemah nya kami tanpa pertolongan-Mu. Karenanya ya Allah, dengan qudrat dan iradat-Mu, mohon Engkau berkenan mengangkat wabah COVID-19 dari negeri Indonesia. Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun. Dengan sifat 'Afuwwun Ghafuur-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Perkenankan doa kami, Ya Allah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.