Sukses

Hadi Pranoto Diperiksa Polisi soal Klaim Obat Covid-19 Hari ini

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan memeriksa Hadi Pranoto, pria yang mengklaim menemukan obat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan memeriksa Hadi Pranoto, pria yang mengklaim menemukan obat Covid-19. Hadi akan dimintai keterangan sebagai saksi kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks terkait klaimnya saat diwawancara musikus Erdian Aji Prihartanto alias Anji.

"Kita jadwalkan jam 10.00 WIB, HP bisa hadir. Kita layangkan panggilan untuk diperiksa sebagai saksi jam 10.00 WIB," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Kamis (13/8/2020).

Menurut dia, sudah ada tujuh orang yang telah diperiksa sebagai saksi terkait kasus klaim obat Covid-19 Hadi Pranoto. Mereka adalah Anji selaku pemilik akun Dunia Manji, kemudian ahli sosiologi hukum, ahli IT, dan ahli pidana.

Kepolisian juga tengah menjadwalkan pemeriksaan terhadap beberapa saksi lainnya untuk dimintai keterangan terkait kasus klaim penemuan obat Covid-19 ini, di antaranya ahli dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Ada dua dokter yang akan kita lakukan pemeriksaan dari IDI," ujar Yusri kemarin soal Hadi Pranoto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa Netizen

Selain itu, Yusri mengatakan, pihaknya juga berencana memanggil beberapa warganet yang turut memberikan tanggapan terkait klaim penemuan obat Covid-19 di saluran Youtube Dunia Manji milik Anji.

"Ada beberapa saksi-saksi lain yang memang berkomentar di media sosial Youtube dari akun Dunia Manji sendiri, akan kita jadwalkan pemanggilan untuk dilakukan pemeriksaan," ujar dia.

Yusri mengatakan, pemeriksaan para saksi itu untuk melengkapi berkas perkara. "Setelah itu kepolisian kembali melakukan gelar perkara," ucap dia.

Penyelidikan dugaan hoaks penemuan obat Covid-19 ini dilakukan setelah polisi menerima laporan dari Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid.

Muannas menyebut, wawancara yang tayang di saluran Youtube Dunia Manji milik Anji pada Sabtu, 1 Agustus 2020 banyak ditentang oleh sejumlah kalangan mulai dari akademisi, ilmuwan, IDI, hingga pemerintah pusat.

Karena itu, Muannas mengambil inisiatif melibatkan aparat kepolisian untuk membuktikan kebenaran pernyataan yang disampaikan Hadi Pranoto.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.