Sukses

Top 3 News: Kontingen Garuda Bantu Evakuasi Korban Ledakan Beirut Lebanon

Liputan6.com, Jakarta Top 3 News hari ini, ledakan besar yang mengguncang Beirut, Ibu Kota Negara Lebanon, Selasa 4 Agustus kemarin menggegerkan dunia.

Dalam video yang beredar luas, ledakan dahsyat tersebut bak bom atom dengan efek gelombang kejut yang sangat luas hingga merusak bangunan sekitar. Hingga Rabu pagi, 5 Agustus 2020, dilaporkan puluhan korban tewas hingga ribuan orang terluka. 

Belakangan diketahui ledakan itu berasal dari 2.700 ton amonium nitrat yang disimpan di pelabuhan Beirut sebelum dikirim ke Afrika.

Bala bantuan dari berbagai negara kini datang ke Lebanon untuk membantu para korban. Indonesia mengirimkan Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL).  seluruh personel diturunkan ke Kota Beirut untuk membantu evakuasi korban.

Berita terpopuler lainnya di News Liputan6.com masih terkait kasus Covid-19. Diketahui ada puluhan perkantoran di wilayah DKI Jakarta yang terkonfimasi positif Covid-19. 

Banyaknya pekerja di Ibu Kota yang dinyatakan positif Corona diduga lantaran sejumlah perusahaan tak mematuhi protokol kesehatan yang telah diatur dalam Surat Keputusan Disnaker Nomor 1477.

Bentuk pelanggaran tersebut salah satunya masih mempekerjakan karyawan melebihi 50 persen dari kapasitas kantor. Terkait hal ini,  Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta bahkan telah menutup sementara 29 perkantoran per Selasa, 4 Agustus 2020 kemarin. 

Informasi penting lainnya yang tak kalah menuai sorotan, terkait lahirnya cucu keempat Presiden Joko Widodo atau Jokowi dari sang putri Kahiyang Ayu. 

Kahiyang Ayu melahirkan bayi laki-laki melalui operasi cesar di Rumah Sakit YPK Mandiri, Jakarta Pusat. Lantas, siapa nama cucu keempat Jokowi ini?  

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 6 Agustus 2020:

2 dari 5 halaman

1. Ledakan di Lebanon, Kontingan Garuda Bantu Evakuasi Korban di Beirut

Ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon pada Selasa 4 Agustus 2020 sore setelah pukul 18.00 waktu setempat. Ribuan orang dilaporkan terluka akibat peristiwa tersebut.

Adapun, Satuan Tugas (Satgas) Batalyon (Yon) Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) turut membantu penanganan akibat ledakan yang di sana.

"Anggota kita Satgas Hospital Level 2 telah berangkat dari Naquora untuk membantu penanganan akibat ledakan tersebut," kata Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang saat dikonfirmasi, Rabu (5/8/2020).

Menurut dia, seluruh personel telah diturunkan ke Kota Beirut untuk membantu evakuasi korban.

"Sekarang meluncur ke Beirut untuk membantu evakuasi korban ledakan atas perintah UNIFIL," pungkasnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. 29 Kantor di Jakarta Ditutup Sementara karena Konfirmasi Positif Covid-19

Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta menutup sementara 29 perkantoran per 4 Agustus 2020. Kepala Disnaker Andri Yansyah mengatakan, penutupan itu ditengarai karena adanya konfirmasi positif Covid-19 dan pelanggaran protokol kesehatan di perkantoran.

Ia merinci jumlah perusahaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 26 kantor, sedangka 3 kantor melanggar protokol kesehatan di perkantoran sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Disnaker Nomor 1477.

"Iya (total 29 perkantoran ditutup), kalau yang Covid itu karena salah satu atau lebih karyawannya sudah terdeteksi positif Covid-19. Kalau yang melanggar, yang dilanggar itu adalah karena tidak mematuhi protokol, yang biasanya karena pembatasan karyawan," ujar Andri di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Ia menuturkan, bentuk pelanggaran protokol yang dilakukan oleh tiga perkantoran tersebut umumnya mempekerjakan karyawan melebihi 50 persen dari kapasitas kantor.

Sementara, dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini, perkantoran dilarang melebihi 50 persen karyawan yang boleh bekerja di kantor.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. 4 Hal Terkait Kelahiran Cucu Keempat Jokowi, Anak Kedua Kahiyang Ayu

Putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu dikarunai anak kedua. Lahir pada Senin malam, 3 Agustus 2020, cucu keempat Jokowi berjenis kelamin laki-laki.

Kabar kelahiran itu dikabarkan oleh suami Kahiyang Ayu, menantu Jokowi, Bobby Nasution dalam keterangan persnya yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 4 Agustus 2020.

"Alhamdulillah saya dan keluarga mengucapkan pada Allah SWT, pada tanggal 3 Agustus 2020 pukul 20.21 WIB, istri saya melahirkan anak kami yang kedua berjenis kelamin laki-laki," ujar Bobby.

Kahiyang Ayu melahirkan melalui operasi cesar yang dilakukan di Rumah Sakit YPK Mandiri, Jakarta Pusat.

Meski sudah mengumumkan kelahiran anak keduanya, Bobby dan Kahiyang Ayu masih enggan menyebutkan nama yang diberikan untuk bayi mereka.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: