Sukses

Puluhan Kilogram Organ Kurban Tak Layak Konsumsi Ditemukan di 155 Tempat Pemotongan Hewan

Puluhan kilogram organ tak layak konsumsi itu terdiri dari hati sebanyak 35,75 kg, jantung sebanyak 12,5 kg, paru sebanyak 24,25 kg dan limpa sebanyak 8,25 kg.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan kilogram organ hewan kurban tak layak konsumsi ditemukan Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Sabtu (1/8/2020).

"Kami temukan puluhan kilogram organ hewan kurban, ternyata tidak layak konsumsi dan langsung dimusnahkan," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto di Jakarta. 

Temuan tersebut berdasarkan hasil pantauan petugas hingga Sabtu sore tadi, pukul 15.00 WIB. Terdiri hati sebanyak 35,75 kg, jantung sebanyak 12,5 kg, paru sebanyak 24,25 kg dan limpa sebanyak 8,25 kg.

"Itu salah satu hasil pantauan di 155 lokasi pemotongan hewan kurban hingga pukul 15.00 WIB," jelas Unang dilansir Antara. 

Dalam pemantauan itu, dia mengaku pihaknya melibatkan 104 orang petugas pemeriksa yang terdiri dari 44 orang petugas sudin, 15 orang dokter hewan praktisi dari persatuan dokter hewan Indonesia cabang Jakarta, dua orang petugas Kementerian Pertanian, dan 45 orang petugas dari dinas KPKP DKI Jakarta.

Dia juga menambahkan selama Idul Adha, Sudin KPKP melakukan pelayanan kesehatan terhadap hewan kurban milik masyakarat.

Pelayanan kesehatan tersebut melalui pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban di tempat pemotongan, pengawasan kelayakan tempat pemotongan hewan kurban, pendataan lokasi dan jumlah pemotongan hewan kurban.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemeriksaan Kelayakan Daging Kurban

Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih dan pemeriksaan kelayakan kesehatan daging setelah disembelih.

"Total 2.581 ekor hewan kurban yang dipotong usai pelaksanaan salat Idul Adha pada Jumat, 31 Juli kemarin," katanya. 

Hewan kurban itu terdiri dari 658 ekor sapi, 7 ekor kerbau, 1.789 ekor kambing dan 127 ekor domba. Rencananya kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan dilakukan hingga Senin, 3 Agustu 2020. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.