Sukses


Gus Jazil: Idul Adha Jadi Momen Berbagi dan Menghidupkan Gotong-Royong

Idul Adha momen menumbuhkan rasa berbagi.

Liputan6.com, Jakarta - Di hadapan Masjid Agung Baiturrahman, Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), berdiri tenda dan barisan kursi.

Tak jauh darinya, terdapat puluhan ekor sapi dan kambing yang diikat pada tali-tali. Pada hari itu, 31 Juli 2020, takmir masjid, ummat Muslim di Ruteng, dan Ketua MUI Manggarai, menyambut kedatangan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

Kedatangan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke masjid itu untuk memberikan seekor sapi sebagai hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Di hadapan ummat Muslim di sana, Jazilul Fawaid mengucapkan rasa syukur dan bahagia sebab pada Idul Adha tahun ini, dirinya bisa merayakan di Pulau Flores. "Saya memberi hewan kurban di Kabupaten Ende, Ngada, dan Manggarai," ungkapnya.

"Pada hari ini saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada saudara-saudara di Ruteng," tambahnya.

Momen Idul Adha, menurut pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu merupakan moment untuk mempertebal rasa keimanan serta menumbuhkan jiwa berbagi dengan sukarela. "Apalagi saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19," tuturnya.

Masa pandemi Covid-19, banyak negara terkena dampak resesi. Hal demikian bisa saja juga terjadi di Indonesia. Menghadapi dampak pandemi Covid-19, pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu mengingatkan masyarakat agar bersiap-siap menghadapi serta melakukan hidup gotong royong untuk menghadapi tantangan yang ada.

Dalam kesempatan itu, Gus Jazil mengungkapkan dalam kunjungan di Pulau Flores, dirinya melihat bahwa di daerah-daerah yang disinggahi dan dikunjungi alamnya tumbuh dengan beragam pepohonan yang hijau. Juga terbentang sawah dan ladang. "Kita hidup di daerah yang makmur," ucapnya.

Untuk itu ia mengajak kepada masyarakat mensyukuri apa yang ada. Masjid yang besar di Ruteng itu ditinjau oleh Koordinator Nasional Nusantara Mengaji. Dilihat di bagian dalam ada renovasi. Sebagai umat Islam, Gus Jazil tersentuh batinnya dan menyebut akan membantu renovasi pada masjid yang terletak di pinggir jalan itu.

"Kami datang dan mengabarkan untuk bisa membantu. Dengan bantuan yang hendak diberikan, dirinya berharap agar pembangunan cepat selesai. Mudah-mudahan amal kita menjadi berkah," ucapnya yang diamiini oleh mayarakat yang datang saat itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

    MPR

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • kurban