Sukses

Jokowi Minta Menterinya Kaji Penanganan TBC Beriringan dengan Covid-19

Jokowi menyebut pelacakan agresif perlu dilakukan, sebab 75 persen penderita TBC merupakan kelompok produktif yang berada di usia 15 hingga 55 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meminta jajarannya melakukan pelacakan agresif kepada pasien penderita Tuberkulosis (TBC) di tanah air. Jokowi menilai pelacakan penderita TBC dapat berjalan beriringan dengan pasien virus corona (Covid-19).

"Saya kira seperti yang kita lakukan sekarang ini, kita sudah memiliki model untuk Covid yaitu, pelacakan secara agresif untuk menemukan dimana mereka harus dilakukan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas yang disiarkan di Youtube Sekretartiat Presiden, Selasa (21/7/2020).

"Kita mungkin nebeng Covid ini kita juga lacak yang TBC," sambungnya.

Jokowi menyebut pelacakan agresif perlu dilakukan, sebab 75 persen penderita TBC merupakan kelompok produktif yang berada di usia 15 hingga 55 tahun.

Bukan hanya itu, dia mengatakan ada 33 persen penduduk yang belum terdeteksi sebagai penderita TBC.

"Kita harus tahu ada 845 (ribu) penduduk penderita TBC. Yang ternotifikasi baru 562 ribu, sehingga yang belum terlaporkan masih kurang lebih 33 persen. Ini hati-hati," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepat Penyembuhan dan Penanganan

Untuk itu, Jokowi meminta menterinya mengkaji apakah penanganan TBC dapat beriringan dengan Covid-19.

Sehingga, penanganan Covid-19 dan TBC yang merupakan penyakit menular dapat selesai dengan cepat.

"Saya tidak tahu apakah ini bisa ditumpangkan di Covid-19 grup, sehingga kendaraannya sama. Kita bisa menyelesaikan dua hal yang penting bagi kesehatan rakyat kita. Kalau bisa saya yakin bisa lebih mempercepat," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • TBC