Sukses

PDIP Bergerak Bantu Korban Bencana Banjir Bandang Luwu Utara

Berdasarkan laporan Baguna Sulsel, tanah longsor di Luwu Utara akibat pembalakan liar. Untuk itu aparat kepolisian harus bertindak tegas.

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan bergerak cepat, membantu masyarakat korban bencana banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Puluhan orang ditemukan meninggal dunia dalam musibah yang terjadi pada Senin (13/7/2020) malam itu. Sedangkan sedikitnya 4.930 keluarga terkena dampak banjir bandang tersebut.

"PDI Perjuangan sejak tahun 2010 telah memiliki Badan Penanggulangan Bencana (Baguna). Seluruh tim sudah dilatih Basarnas dan BNPB serta BMKG. Melalui Baguna seluruh gerak kemanusiaan Partai di kedepankan. Sebab politik itu membumi dan menyatu dengan seluruh kehidupan rakyat," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (15/7/2020).

Menurut dia, sejak kemarin, Baguna Propinsi Sulsel dipimpin Ketua DPD PDIP, Andi Ridwan Wittiri bersama Kepala Baguna Evi Wulandari terus berkoordinasi membantu masyarakat korban banjir bandang. Bahkan, hari ini dirinya sudah melakukan teleconference dengan seluruh jajaran

"Ini bencana alam yang dahyat dan kami percaya Presiden Jokowi dan Mensos Ari Batubara akan bertindak cepat membantu rakyat. Ketua DPP PDIP Bidang Sosial dan Bencana Alam, Ribka Ciptaning dan Wasekjen PDIP Bidang Kerakyatan, Sadar Restu telah melakukan langkah koordinasi dan siap melakukan mobilisasi tim Baguna Pusat," ungkap Hasto.

Menurut dia, apa yang terjadi semakin menyadarkan betapa pentingnya menjaga lingkungan. Pelarangan penebangan hutan bersifat wajib, demikian pula kegiatan pertambangan harus memerhatikan kelestarian lingkungan.

"Berdasarkan laporan Baguna Sulsel, tanah longsor di Luwu Utara akibat pembalakan liar. Untuk itu aparat kepolisian harus bertindak tegas," tukasnya.

Menurut dia, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun juga sudah memberikan instruksi untuk bergerak membantu masyarakat korban bencana banjir bandang di Luwu Utara.

"Rakyat tidak boleh menjadi korban. Ketua Umum PDI Perjuangan telah menginstruksikan seluruh kader Partai di Sulsel untuk bergotong royong. Prioritaskan bantuan untuk ibu-ibu dan anak-anak balita. Dapur umum disiagakan. Bantu rakyat tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

21 Orang Meninggal

Sebelumnya, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat, hingga Rabu sore (15/7/2020), korban meninggal akibat banjir bandang Luwu Utara menjadi 21 orang.

"Selain korban jiwa, tim SAR gabungan masih terus mencari korban yang hilang," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati.

Dia menyebutkan, dampak dari bencana teridentifikasi di enam kecamatan, yakni Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta, Baebunta Selatan, Malangke dan Malangke Barat. Dan Lebih dari 1.500 warga berhasil diselamatkan oleh petugas di lapangan serta korban luka telah mendapat perawatan di beberapa rumah sakit.

Selain itu, Raditya menyampaikan berdasarkan laporan BPBD, akibat banjir bandang tersebut dilaporkan sebanyak 156 KK (655 jiwa) mengungsi dan 4.202 KK (15.994 jiwa) terdampak.

"Sedangkan kerugian material tercatat 4.930 unit rumah terendam, 10 unit rumah hanyut, 213 unit rumah tertimbun pasir bercampur lumpur, 1 Kantor koramil 1403-11 terendam air dan lumpur ketinggian 1 meter, jembatan antar desa terputus dan jalan lintas provinsi tertimbun lumpur setinggi 1 hingga 4 meter," tuturnya

Hingga saat ini, katanya, BPBD Kabupaten Luwu Utara dan instansi terkait telah melakukan upaya penanganan darurat seperti evakuasi, pencarian korban, kaji cepat kebutuhan, penanganan penyintas, dan operasional pos komando.

"Kita juga telah menurunkan empat alat berat berupa eksavator untuk membersihkan lumpur di Kecamatan Masamba, dan 6 unit lainya di Kecamatan Baebunta," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.