Sukses

Anies Baswedan: 66 Persen Penambahan Kasus Baru di Jakarta OTG

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan adanya lonjakan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 404 orang pada Minggu (12/7/2020). Dia menyebut sebagian besar kasus baru tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG).

"Saya mengingatkan pada semua 66 persen dari yang kita temukan adalah OTG, orang tanpa gejala. Orang yang dia tidak sadar dia sudah terekspose," kata Anies dalam tayangan Youtube Pemprov DKI Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Dia menyebut jumlah tersebut ditemukan karena dilakukannya tes dengan active case finding atau fasilitas kesehatan terjun langsung ke lapangan tanpa menunggu pasien.

"Artinya, kalau saja mereka tidak kami datangi, tim puskesmas tidak melakukan testing, barangkali yang bersangkutan tidak pernah merasa bahwa positif, bahwa dia membawa virus covid-19," ucap Anies.

Karena hal itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta agar masyarakat berhati-hati dan tetap melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

"Jangan anggap enteng. Jangan merasa kita sudah bebas dari Covid-19. Karena nanti kalau kondisi ini berlangsung terus, bukan tidak mungkin kita akan kembali ke situasi sebelum ini," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Jumlah Kasus Mencapai 14.361

Sebelumnya, jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta bertambah 404 orang pada Minggu (12/7/2020). Berdasarkan penambahan tersebut saat ini jumlah kumulatif pasien di mencapai 14.361 kasus.

"Dari jumlah tersebut, 9.200 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 702 orang meninggal dunia," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan pers.

Selain itu dia mengatakan terdapat 554 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.905 orang melakukan self isolation di rumah.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: