Sukses

KSP Sebut Masyarakat Masih Belum Memahami New Normal

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Brian Sriphastuti memandang, masih banyak masyarakat tak memahami perilaku new normal.

Liputan6.com, Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Brian Sriphastuti memandang, masih banyak masyarakat tak memahami perilaku new normal.

Hal ini karena masih banyaknya masyarakat tak menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah untuk menyambut new normal.

"Orang tidak melihat kata 'new', ujug-ujug ke normal. Padahal sebelum menuju new normal. Ada periode prakondisi, ada tahapan yang harus dipersiapkan," kata Brian dalam diskusi Polemik Trijaya, Sabtu (11/7/2020).

Menurut dia, masyarakat harus paham, bahwa pembukaan sektor-sektor publik, semua harus memastikan protokol kesehatan diterapkan terus. Seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer.

"Pemahaman menggunakan 'new normal' sendiri, karena ada unsur bahasa asingnya, kemudian tidak mudah dipahami, diterjemahkan sebagai adaptasi kebiasaan baru. Jadi yang ditonjolkan bukan situasinya, tapi perilaku kita yang harus disesuaikan dengan situasi yang terjadi. Perilaku yang bisa membatasi atau menghindari transimisi persebaran lebih lanjut dari orang ke orang, supaya tidak terinfeksi atau terpapar virus ini," ungkap Brian.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Inkonsistensi

Selain itu, kata dia, sikap dan kebijakan pemerintah terus berubah untuk merespon perkembangan situasi, bukan inkonsistensi.

"Kebijakan berubah bukan berarti inkonsisten, tapi ini adalah respons terhadap situasi perkembangan yang terjadi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.