Sukses

Jokowi dan Prabowo Naik Heli Merah Putih saat Kunjungan ke Kapuas

Ada yang berbeda dengan Helikopter Kepresidenan yang digunakan Jokowi kali ini. Helikopter yang biasanya bewarna putih biru kini dicat menjadi merah putih serupa bendera Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah, (9/7/2020). Setibanya di Kota Palangka Raya pukul 08.45 WIB, Jokowi dan Prabowo langsung menuju Kabupaten Kapuas dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU dari Bandara Tjilik Riwut.

Ada yang berbeda dengan Helikopter Kepresidenan yang digunakan Jokowi kali ini. Helikopter yang biasanya bewarna putih biru kini dicat menjadi merah putih serupa bendera Indonesia.

Kendati begitu, helikopter kepresidenan tersebut bukanlah barang baru. Helikopter yang biasa digunakan Jokowi saat kunjungan kerja dicat ulang sebagai bagian dari pemeliharaan.

Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan bahwa dirinya melaporkan kepada Jokowo bahwa helikopter tersebut harus memasuki pemeliharaan rutin, pada Maret 2020.

"Presiden berpesan agar selain dilakukan pemeliharaan berkala juga diberikan nuansa berbeda yang lebih ‘Indonesia’ pada helikopter tersebut," ucap Suharyanto seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan sebelumnya helikopter tersebut didominasi warna biru. Kemudian, pihak Istana memutuskan mengganti menjadi merah putih untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI.

"Kami memutuskan untuk mengganti warnanya dengan merah putih dan Presiden menyetujuinya. Warna ini juga dipilih untuk lebih menyemarakkan perayaan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia," jelas Heru.

 

Saksikan Video Terkait Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedepankan Protokol Kesehatan

Dalam penerbangan menuju Kabupaten Kapuas, protokol kesehatan tetap dikedepankan. Helikopter Kepresidenan yang biasanya diisi oleh 10 orang, kali ini hanya diisi 5 orang.

Jokowi hanya didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan tiga orang perangkat melekat lainnya, yaitu Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Dan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Achiruddin, dan Ajudan Presiden Kolonel Inf. Rudi Saladin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • kapuas