Sukses

Gubernur Kalteng Cek Kesiapan Sarana dan Prasarana Penanggulangan Karhutla

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan bahwa wilayah memiliki kerawanan terjadinya bencana karhutla pada musim kemarau.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar apel siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla), sekaligus mengecek kesiapan sarana dan prasarana penanganan karhutla di halaman Mapolda setempat.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan bahwa wilayah memiliki kerawanan terjadinya bencana karhutla pada musim kemarau.

"Maka dari itu karhutla di wilayah kita sudah menjadi kalender kamtibmas tahunan. Dampak dari karhutla tidak hanya dirasakan masyarakat saja tetapi juga sampai ke negara tetangga," kata Sugianto di Palangka Raya, Sabtu (4/7/2020).

Antisipasi karhutla terus digalakkan sebab apabila kabut asap akibat karhutla kembali terjadi tentunya akan mengganggu kesehatan masyarakat.

Selain itu, dampak dari karhutla bisa menimbulkan kerugian ekonomi khususnya kepada pemilik lahan maupun perkebunan yang arealnya dilanda bencana tersebut.

"Perlu langkah-langkah pencegahan secara nyata dalam bentuk kesiapan Satgas Karhutla guna menyiagakan personel dan sarana prasarana yang digunakan mengatasi bencana karhutla di Kalteng," jelasnya seperti dikutip dari Antara.

Melalui apel kesiapan ini diharapkan adanya kekuatan personel berikut kelengkapan sarana prasarana pendukung dalam penanggulangan karhutla, sehingga siap diterjunkan ke lapangan ketika musibah tersebut benar-benar terjadi.

"Namun demikian kita semua wajib memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa, agar karhutla tidak terjadi. Hanya saja kita juga menyadari bahwa bencana itu bisa saja terjadi sehingga harus selalu waspada," tegas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Sarana Prasarana

Setelah menggelar apel siaga karhutla, Gubernur, Kapolda, Komandan Korem 102 Panju Panjung, Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) didampingi pimpinan kepala satuan organisasi perangkat daerah melakukan pengecekan personel dan sarana prasarana penanggulangan karhutla.

Sebelum membubarkan apel tersebut, Sugianto Sabran bersama Forkopimda lainnya juga mengetes secara langsung sarpras yang sudah tersedia di halaman Mapolda Kalteng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.