Sukses

Program Kartu Prakerja, Misbakhun: Wujudkan Janji Kampanye Jokowi

Misbhakun menegaskan tidak ada program kartu prakerja tersebut menjadi bancakan.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun mengatakan, program Kartu Prakerja merupakan janji kampanye Presiden Joko Widodo yang semula bertujuan untuk membantu masyarakat mencari pekerjaan.

"Salah satu janji kampanye beliau yang ingin diwujudkan di periode ini adalah Kartu Prakerja," kata Misbhakhun dalam keterangannya, Jumat (8/5/2020).

Dia pun saat kampanye, menjadi tim Jokowi. Dan mendapatkan wujud nyata dari Kartu Prakerja langsung dari Presiden Jokowi. Namun, tak ada yang menyangka muncul pandemi virus Corona atau Covid-19. Sehingga, ada sedikit perubahan dengan menjadikan program tersebut sebagai semi bansos. Mekanismenya juga diubah menjadi pelatihan daring karena Covid-19.

"Siapa saja yang sedang mencari kerja korban PHK dan diperluas masyarakat terdampak covid untuk mendapat bantuan kartu prakerja. Mereka dapat pelatihan supaya setelah pandemi siap untuk masuk ke dunia kerja. Yang di-PHK perlu untuk mendapat perspektif lain siapa tahu bekerja dari pekerjaan berbeda sebelum di-PHK," ungkap Misbhakhun.

Dia menegaskan tidak ada program kartu Prakerja tersebut menjadi bancakan. Karena seluruhnya anggaran yang dikeluarkan untuk para penerima kartu prakerja diberikan secara daring dan transparan. Uang yang diterima penerima manfaat juga ditransfer langsung dari kas negara.

"Dan ini tidak ada persentuhan apapun tidak ada kongkalikong di sana tidak ada anggaran dijadikan bancakan di sana. Diakses melalui digital melalui media daring. Tidak ada sentuhan aparat negara dengan pencari kerja," tegas anggota Komisi XI DPR itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Permainan

Dirinya menyampaikan sistem pendaftaran juga tak ada permainan. Semuanya diverifikasi melalui KTP dan tingkat pendidikan. Dikonfirmasi langsung dengan sistem di Kementerian Pendidikan dan Dukcapil Kemendagri.

"Proses ini daring dan sangat transparan tidak ada hengky pengky dan sentuhan apapun antara pencarinya langsung," kata dia.

Pemerintah juga mengeluarkan program jaring pengaman sosial lain untuk membantu masyarakat di tengah pandemi ini. Misbakhun mengajak fraksi-fraksi di DPR untuk mendukung program pemerintah.

"Kita harus mendukung penuh apa yang menjadi program pemerintah karena ini memiliki nilai kebaikan bagi rakyat indonesia. Pemerintah ingin aktif dan terjun langsung menangani covid 19 salah satunya kartu prakerja. Untuk itu mari kita harapkan dukungan dari semua pihak kepada program pemerintah itu," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

  • Misbakhun