Sukses

Zulhas soal Relaksasi PSBB: Hati-Hati, Vaksin Covid-19 Belum Ditemukan

Pemerintah, lanjut Zulhas perlu membuat perhitungan yang matang dan menyeluruh sebelum akhirnya memutuskan relaksasi PSBB. Situasi dan kondisi setiap daerah harus diperhitungkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta pemerintah berhati-hati dalam menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ini menanggapi  wacana relaksasi PSBB yang dilontarkan Menko Polhukam Mahfud Md.

"Menko Polhukam akan relaksasi peraturan PSBB. Nah ini kita minta betul hati-hati," ujar dia, dalam Rakernas I PAN, Selasa (5/5/2020). 

Pemerintah, lanjut Zulhas perlu membuat perhitungan yang matang dan menyeluruh sebelum akhirnya memutuskan relaksasi PSBB. Situasi dan kondisi setiap daerah harus diperhitungkan.

"Memang seperti Jakarta, grafik (penyebaran kasus Covid-19) sudah mulai mendatar cenderung menurun. Tapi daerah lain ada yang dari zona kuning menjadi merah," ujar dia.

Dia berpendapat, selama vaksin Covid-19 belum ditemukan dan selama Covid-19 belum benar-benar berhasil diatasi, maka kedisiplinan dalam melaksanakan jaga jarak harus terus berlaku. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Lama

"Karena itu hati-hati dan jangan lupa sebelum vaksin ditemukan saya kira physical distancing, disiplin harus tetap kita lakukan," tegasnya.

Vaksin corona diperkirakan baru ada awal 2021, Mei atau April 2021. "Jadi masih lama. Walaupun diperkirakan Juli, September ini kita 90 persen sudah bisa bergerak, tapi disiplin dan physical distancing tetap harus dijaga dengan ketat," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Situ Embu

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.