Sukses

Nekat ke Jakarta saat Ramadan, 50 Gepeng Terjaring Operasi Satpol PP di Jakbar

Gelandangan dan pengemis atau gepeng mulai menyerbu Provinsi DKI Jakarta pada Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Gelandangan dan pengemis atau gepeng mulai menyerbu Provinsi DKI Jakarta pada Ramadan. Salah satu wilayah yang disasar mereka untuk mendapat rezeki pada Ramadan ini adalah Jakarta Barat.

Tercatat, hingga hari ke delapan Ramadan, Satpol PP Jakbar menjaring 50 gelandangan dan pengemis.

“Hampir 50 orang gepeng yang kami tangkap,” kata Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Dia menjelaskan, operasi digelar secara masif di seluruh kecamatan. Menurut dia, ada dua kecamatan yang menjadi tempat favorit gelandangan dan pengemis untuk singah.

“Paling banyak kami temui di Kecamatan Tambora dan Taman Sari. Kalau wilayah lain sih enggak begitu ya. Ada sih ada, paling satu dua. Kayak manusia gerobak, tapi enggak terlalu banyak lah,” ujar Tamo.

Dia menerangkan, para gepang yang tertangkap selama Ramadan ini digiring ke penampungan di Gor Cengkareng untuk dibina oleh Suku Dinas Sosial.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipulangkan

Menurut Tamo, dari 50 gepeng yang terjaring, 30 di antaranya telah dipulangkan ke kampung halaman.

“Suku Dinas Sosial akan mendata, kemudian dicek kesehatan oleh Sudin Kesehatan, kemudian ya dikasih pakaian, makan dan kalau ada keluarganya, keluarganya menjamin dan bikin pernyataan ya pulang,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.