Sukses

Mensos: Distribusi Bansos Corona untuk Warga DKI Tahap I Rampung 5 Mei

Juliari menyatakan pihaknya dalam waktu dekat akan mendistribusikan bansos untuk warga kurang mampu di Bogor, Depok, Tangerang Bekasi (Bodetabek).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan, distribusi bantuan sosial (bansos) sembako tahap pertama untuk warga DKI Jakarta terdampak virus corona (Covid-19), ditargetkan rampung 5 Mei. Bansos untuk 1,2 juta keluarga tak mampu di DKI itu mulai disalurkan Senin 21 April 2020.

"Kami rencanakan untuk 1,2 juta keluarga di Jakarta tanggal 4 atau paling lambat 5 Mei ini tahap pertama sudah selesai dan kami akan lanjutkan untuk tahap kedua," jelas Juliari dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (27/4/2020).

Juliari menyatakan pihaknya dalam waktu dekat akan mendistribusikan bansos untuk warga kurang mampu di Bogor, Depok, Tangerang Bekasi (Bodetabek). Bansos untuk warga Jabodetabek itu berisi paket sembako senilai Rp 600.000 per keluarga.

"Rencananya juga untuk yang Bodetabek tanggal 1 Mei ini akan berjalan, untuk yang sembako, untuk 2 minggu ke depan," jelasnya.

Bansos sembako ini disalurkan setiap bulan selama April, Mei, dan Juni. Kemensos akan membagikan bansos tersebut 2 kali dalam sebulan dengan nominal masing-masing Rp 300.000.

"Jadi penyalurannya kami bagi 2 kali sebulan," ucap Juliari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Tepat Sasaran

Sementara itu, keluarga di luar Jabodetabek akan mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp 600.000 per keluarga. Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam rapat terbatas pada Senin kemarin meminta Kemensos dan instansi terkait untuk memastikan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 benar-benar tepat sasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • mensos