Sukses

Sempat Gunakan Alat Bantu Medis, Menhub Budi Dipastikan Sembuh dari Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan sembuh dari virus Corona atau Covid-19. Kepastian itu diperoleh setelah Budi Karya dua kali menjalani pemeriksaan PCR dan hasilnya negatif Covid-19.

"Sudah sampai dengan saat ini sudah dua kali pemeriksaan PCR, negatif," ujar Wakil Kepala Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Senin (27/4/2020).

Albertus menyatakan, Budi Karya dirawat oleh tim dokter RSPAD Gatot Soebroto selama kurang lebih 17 hari sejak 13 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020. Selama dirawat, menurut Albertus, Budi Karya sempat mengenakan alat bantu medis.

"Beliau kami rawat selama 17 hari dari 13 Maret sampai 31 Maret 2020, dan sempat mengenakan beberapa alat bantu medis," kata dia.

Menurut Albertus, kondisi Budi Karya kini sudah membaik. Bahkan Budi Karya sudah diizinkan untuk kembali bekerja. Hanya saja dokter masih harus memantau kondisi kesehatan Budi Karya.

"Dari kriteria kesembuhan dari sebuah kasus Covid-19, beliau sudah negatif pada saat ini, dan saat ini beliau dalam proses pemulihan, serta perawatan beberapa penyakit yang menjadi latar belakang sebelumnya," kata dia.

"Prinsipnya kondisi beliau pada saat ini sudah dalam proses pemulihan dan memungkinkan untuk bekerja dari rumah atau work from home, di samping beliau tetap kontrol dan dalam perawatan tim dokter," Albertus menambahkan.

2 dari 3 halaman

Mulai Eksis 5 Mei

Sebelumnya, Budi Karya Sumadi menyatakan akan kembali eksis sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) pada 5 Mei 2020 atau setelah masa isolasi mandirinya selesai. Budi Karya diketahui telah mengikuti rapat kabinet piminan Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai dinyatakan sembuh dari virus corona Covid-19.

"Saya baru akan eksis tanggal 5 Mei setelah masa isolasi (mandiri) saya selesai," kata Budi Karya dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (27/4/2020).

Budi mengaku, dirinya telah mengikuti lima kali rapat koordinasi internal. Dalam rapat bersama Jokowi, dia juga ikut membahas soal Permenhub Nomor 25 tahun 2020 yang mengatur larangan mudik lebaran.

Budi mengaku mendukung aturan yang dibuat oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang ditunjuk menjari Menhub Ad Interim.

"Dikoordinasi oleh Pak Menko sebagai Ad Interim, saya sudah 1 minggu ini support Pak Menko dan semuanya," ucap Budi Karya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: