Sukses

Menhub Budi Karya: Saya Akan Eksis 5 Mei Setelah Masa Isolasi Covid-19 Selesai

Liputan6.com, Jakarta - Budi Karya Sumadi menyatakan akan kembali eksis sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) pada 5 Mei 2020 atau setelah masa isolasi mandirinya selesai. Budi Karya diketahui telah mengikuti rapat kabinet piminan Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai dinyatakan sembuh dari virus corona Covid-19.

"Saya baru akan eksis tanggal 5 Mei setelah masa isolasi (mandiri) saya selesai," kata Budi Karya dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (27/4/2020).

Budi mengaku, dirinya telah mengikuti lima kali rapat koordinasi internal. Dalam rapat bersama Jokowi, dia juga ikut membahas soal Permenhub Nomor 25 tahun 2020 yang mengatur larangan mudik lebaran.

Budi mengaku mendukung aturan yang dibuat oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang ditunjuk menjari Menhub Ad Interim.

"Dikoordinasi oleh Pak Menko sebagai Ad Interim, saya sudah 1 minggu ini support Pak Menko dan semuanya," ucap Budi Karya.

 

2 dari 3 halaman

Terinfeksi Corona Covid-19

Sebelumnya, Budi Karya tercatat sebagai pasien positif corona ke-76, pada 16 Maret 2020. Budi pun menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat.

Budi Karya kemudian diumumkan telah pulang ke rumahnya pada 14 April 2020. Dia pun menjalani isolasi mandiri.

Budi Karya secara resmi belum aktif menjabat sebagai Menteri Perhubungan (Menhub). Pasalnya, dia masih menunggu proses administrasi selesai.

"Kapan akan secara resmi menjabat Menhub, saat ini masih menunggu proses administrasi," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan saat dihubungi Liputan6.com, Senin.

Menurut dia, hingga kini Luhut Binsar Pandjaitan masih menjabat sebagai Plt Menhub. Adita menjelaskan Budi Karya sengaja mengikuti rapat kabinet sebagai transisi sebelum resmi aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: