Sukses

TNI Kerahkan Hercules Angkut Logistik dan Alat Kesehatan ke Pulau Galang

Liputan6.com, Jakarta - Hercules milik TNI AU A-1318 Skadron Udara 31 Halim Perdanakusuma mengangkut logistik, dalam rangka mendukung percepatan penanganan virus Corona atau Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

"Logistik berupa air mineral, susu bubuk, imukal, biskuit, dengan total 2.062 koli atau 7.313 kg dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Pulau Galang," kata Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19, Kolonel Inf Kristomei Sianturi, dalam keterangannya, Selasa (7/4/2020).

Selain logistik, pesawat juga membawa 5 unit alat penyaring udara yang nantinya digunakan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang.

"Rumah Sakit Darurat khusus Covid-19 di Pulau Galang direncanakan dapat menyediakan sekitar seribu ruangan, namun pengembangannya disesuaikan dengan kebutuhan. Rumah Sakit tersebut di bawah kendali Kodam I/Bukit Barisan. Struktur organisasi rumah sakit telah dibentuk oleh Pangdam I/Bukit Barisan," jelas Sianturi.

Dia pun menegaskan, TNI telah menyiagakan sejumlah Alutsista. "Seperti pesawat hingga kapal untuk membantu pendistribusian logistik dan alat kesehatan ke seluruh Indonesia guna mendukung percepatan penanggulangan Covid-19," pungkas Sianturi.

 

2 dari 3 halaman

Intip Fasilitas Perawatan RS Khusus Corona di Pulau Galang

Rumah Sakit Khusus Infeksi Penyakit menular Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau mulai beroperasi Senin 6 April 2020. Fasilitas perawatan tersebut menyediakan tiga klaster perawatan pasien berhubungan dengan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana mengatakan tiga klaster tersebut yakni Klaster Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan ICU untuk pasien positif COVID-19.

"Klaster OTG untuk 260 kamar, Klaster PDP sebanyak 100 kamar, dan 20 kamar ICU untuk pasien positif COVID-19, " kata Tjetjep Dalam siaran tertulis di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Sekitar 50 tenaga medis dan paramedis yang menjadi sukarelawan siap diterjunkan dan Kementerian Kesehatan akan mengirimkan sekitar 100 tenaga medis dan paramedis untuk memperkuat SDM di Rumah Sakit Galang.

"Berdasarkan kewenangan yang di limpahkan pemerihtah pusat Dinas kesehatan Kepri untuk Rumah Sakit Galang menyiapkan 200 Tenaga medis dan Non medis " kata Tjetjep.

Sementara untuk tenaga nonmedis yang dibutuhkan di rumah sakit sudah mulai direkrut sejak beberapa pekan lalu. Hal itu menjadi tanggungan pemerintah daerah pemerintah Provinsi Kepri dan pemerintah Kota Batam.

Kapasitas Rumah Sakit Galang direncanakan dapat mencapai 1.000 ruangan. Namun pengembangannya disesuaikan dengan kebutuhan.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: