Sukses

Weststar Group Kirim Bantuan Ambulans Khusus untuk Covid ke Indonesia

Mobile Unit dan Ambulance khusus yang dipergunakan untuk Test Covid 19 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Weststar Grup Weststar menegaskan komitmen untuk untuk melanjutkan rencana menamankan modal di Indonesia di tengah pandemi corona atau Covid-19. Bahkan Strategic Principal Partner Weststar Grup, Justin Lim mengatakan, pihaknya berencana menyiapkan Mobile Unit dan Ambulance khusus yang dipergunakan untuk Test Covid 19 di Indonesia

"Kita tetap pada komitmen sesuai rencana awal, untuk berinvestasi di Indonesia, di bidang otomotif dan aviation bersama grup Weststar dan group pendanaan dari USA. Sampai sekarang semua masih berjalan sesuai rencana kita bahkan kami sedang berkomunikasi untuk mengirimkan ambulans untuk membantu tenaga medis mengatasi virus corona ini," kata Justin Lim dalam keterangannya, Rabu (1/4/2020).

Meski situasi ekonomi dan sosial saat ini sedang tidak kondusif, tapi pengusaha asal Malaysia ini justru yakin dan optimis melihat peluang berinvestasi di Indonesia masih sangat menjanjikan, ditambah lagi potensi pasar yang sangat besar. Apalagi terang dia pemerintah Indonesia di bawah kepimpinan Presiden Jokowi, sangat mendukung dan memberikan akses serta kemudahan dalam bentuk regulasi bagi perusahaan asing untuk berinvestasi ke Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi kebijakan-kebijakan ekonomi Presiden Jokowi yang memudahkan investor asing untuk masuk di Indonesia sehingga kita semua harus optimis dan positif thingking bahwa kita semua pasti bisa segera melalui cobaan ini, jika kita berupaya bersama-sama,” ucap Justin dari Kuala Lumpur yang yang saat ini tengah di lockdown karena wabah Covid-19.

Oleh karena itu, dalam situasi sulit saat ini akibat makin merebaknya wabah corona yang semakin banyak mengakibatkan korban jiwa meninggal yang terus bertambah. Pihaknya pun berkomitmen untuk mengupayakan ambil bagian untuk ikut membantu mengatasi wabah Covid-19 di Indonesia.

Seperti halnya yang pihak perusahaannya lakukan di Wuhan, China, Justin dan Weststar Group berniat mendatangkan ambulans yang di desain khusus dan dilengkapi alat medis untuk mobile test Covid-19 bagi masyarakat Indonesia membantu rumah sakit yang semakin kesulitan menampung pasien corona ini.

"Di Wuhan, China sudah diproduksi massal ambulance sampai 1000 unit, yang didesain secara khusus untuk penanganan Covid-19. Ikut membantu memeriksa pasien apalabila positif untuk dirujuk ke rumah sakit," ungkapnya.

Unit Ambulans yang didesain khusus buatan dari produk otomotif asal Malaysia Maxus itu, hanya membutuhkan waktu 10 hari saja untuk penyelesaiannya dan telah dirancang dengan sebuah ruang isolasi dan juga peralatan medis yang lengkap dan sangat mendukung untuk melakukan test Covid-19 secara mobile.

Ambulans ini nantinya dapat bergerak menjangkau daerah-daerah agar masyarakat tak perlu lagi datang ke rumah sakit. "Ambulans ini dilengkapi alat medis dan ruang isolasi bagi pasien corona, jadi apabila terdapat pasien yang positif terjangkit virus Corona, maka bisa langsung dirujuk ke rumah sakit untuk segera mendapatkan penangganan dan karantina dari tim medis," kata Justin.

Rencananya ambulans ini akan diproduksi massal oleh Weststar Group, perusahaan Malaysia berskala internasional milik Tan Sri Syed Azman Syed Ibrahim, yang juga sangat risau dengan keadaan saat ini dan akan siap dalam waktu kurang dari satu bulan untuk dipakai di Indonesia.

"Ambulans ini memang dirancang untuk mendukung pekerjaan petugas medis mengatasi wabah Covid-19 di Indonesia dan mudah-mudahan dalam waktu singkat mungkin April sudah bisa kita kirimkan ke Indonesia," ujar Justin.

Lebih lanjut, Justin pun menjelaskan untuk tahap awal pihaknya akan mengajukan pengiriman 100 unit ambulans ke Indonesia.

"Indonesia perlu ambulans sekarang ini untuk penanganan pasien yang semakin bertambah setiap harinya, jujur kita sebagai perusahaan tak sekadar melihat dari sisi ekonomi keuntungan semata. Kita ingin bantu dan segera pihak kita akan diskusi dengan pihak terkait yaitu pemerintah Indonesia dan juga patner bisnis lokal kita, Soetrisno Bachir untuk bantuan mobil ambulans ini. Saya percaya ini akan bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taati Aturan Pemerintah

Dalam kesempatan tersebut, Justin pun memberikan ajakan mentaati anjuran pemerintah untuk saling menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga agar terputus mata rantai penyebaran virus Covid-19 sekaligus berharap bagi masyarakat untuk dapat berperan serta aktif dalam membantu masyarakat Indonesia.

Justin juga menegaskan komitmen pihaknya di Indonesia. "Tidak ada perubahan (planning investasi). Saya percaya, hal ini akan berakhir dan ekonomi Indonesia akan bangkit. Kita percaya akan pemerintahan Indonesia," tambah Justin.

Untuk diketahui, secara umum, investasi yang akan dibawa Justin merupakan kolaborasi perusahaan otomotif dan aviation dari Malaysia dan juga perusahaan investasi dari Amerika Serikat, yang akan melebarkan bisnisnya di bidang permodalan.“Di saat saat seperti ini, ketika orang panik dimana mana, tapi sebagai pengusaha saya percaya akan muncul peluang-peluang investasi di Indonesia,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.