Sukses

Pesawat Hercules Angkut Alkes Covid-19 dari China Tiba di Natuna 

Keberangkatan pesawat Hercules milik TNI AU tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta Pesawat TNI C-130 Hercules yang membawa alat kesehatan dari Shanghai, China tiba di Lanud Sadjad Natuna Indonesia, Minggu (22/3/2020). Sesuai rencana, pesawat tersebut besok pagi akan terbang dari Natuna menuju Jakarta dan mendarat di Lanud Halim Jakarta.

Dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Minggu, Pesawat Hercules yang berangkat pada Sabtu, 21 Maret 2020, bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh dan mendarat di Bandara Pudong-Shanghai Tiongkok Minggu malam waktu setempat. 

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut dua kali short stop (transit) yaitu di Lanud Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan, untuk melakukan pengisian bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong, Shanghai.

Crew pesawat Hercules yang dipimpin oleh Letkol Pnb Suryo berjumlah 18 orang  menggunakan prosedur kesehatan dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) sehingga tidak tertular virus Corona. 

Keberangkatan pesawat Hercules milik TNI AU tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan virus corona di Indonesia . 

Adapun alat-alat kesehatan tersebut berupa disposable masks, N95 masks, protective  clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. Peralatan kesehatan tersebut merupakan hasil kerja sama G to G  antara  Pemerintah RI  dengan Pemerintah China.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.