Sukses

Faskes Pulau Galang Batam Siap Beroperasi 28 Maret untuk Pasien Covid-19

Basuki menjelaskan, di fasilitas tersebut akan disiapkan ruang observasi yang dapat menampung 400 tempat tidur. Daya tampung fasilitas kesehatan tersebut masih bisa ditambah jika memang muncul kebutuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono memastikan fasilitas kesehatan di Pulau Galang Batam, sudah dapat beroperasi 28 Maret 2020 untuk penanganan pasien Covid 19.

Dia menjelaskan, di fasilitas tersebut akan disiapkan ruang observasi Covid 19 yang dapat menampung 400 tempat tidur. Daya tampung fasilitas kesehatan tersebut masih bisa ditambah jika memang muncul kebutuhan.

"Kita merehabilitasi rumah sakit Vietnam dulu untuk pendukung, kemudian membangun ruangan observasi sebanyak 400 tempat tidur. Mudah-mudahan tidak perlu ditambah, tapi kalau perlu sampai 1.000," kata dia, di Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Menurut Bas, sapaan akrabnya, hingga saat ini proses pengerjaan fisik sudah mencapai sekitar 80 persen. Sejumlah komponen pendukung dasar seperti pasokan listrik dan air untuk fasilitas kesehatan tersebut, sudah siap 100 persen.

"Fisik yang lainnya 80-an persen. Mudah-mudahan sudah siap nanti 28 Maret ini untuk dioperasikan. Masyarakat tidak perlu khawatir kita semua siap untuk antisipasi virus ini,” tegasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Peralatan

Hanya memang yang harus juga dipenuhi yakni ketersedian peralatan, berupa peralatan kesehatan portabel untuk mengisi fasilitas tersebut. Terkait hal itu, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian BUMN.

Saat ini, kata dia, peralatan portabel sudah tersedia di kawasan Wisma Atlet Kemayoran. Nantinya proses distribusi peralatan akan menjadi tanggung jawab Menteri BUMN, Erick Thohir dan jajaran TNI-Polri.

"Kecuali peralatan ini kami sudah tadi dengan Pak Erick Thohir, apakah BUMN bisa mengalokasikan sejumlah peralatan portabel ini yang lainnya ke pulau Galang. Itu nanti yang operasikan TNI-Polri,” tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.