Sukses

Jokowi Perintahkan Pemda Tetap Siapkan Transportasi Publik 

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah pusat maupun daerah tetap menyiapkan moda transportasi umum kepada masyarakat. Namun Jokowi menekankan agar selalu meningkatkan kebersihan di moda publik tersebut.  

"Transportasi publik tetap harus disiapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah, dengan catatan meningkatkan kebersihan moda transportasi, baik itu kereta api, MRT, LRT, bus kota," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Senin (16/3/2020).

Jokowi menekankan agar ketersediaan transportasi publik itu dapat mengurangi tingkat kerumunan dan kepadatan orang. Sehingga dapat mengurangi kontak masyarakat di ruang publik.

"Yang penting bisa mengunrangi tingkat kerumunan, antrean, dan kepadatan orang di dalam moda transportasi tersebut, sehingga kita bisa jaga jarak satu degan yang lain," kata Jokowi lagi.

2 dari 3 halaman

Antrean Padat

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sempat membatasi transportasi publik sebagai langkah upaya mencegah penyebaran Covid-19. Namun kebijakan tersebut justru membuat masyarakat kesulitan.

Antrean panjang di sejumlah stasiun MRT dan halte bus Transjakarta pun tak terhindarkan pada Senin pagi tadi. Hal itu terjadi lantaran moda transportasi publik yang disiapkan lebih sedikit dari biasanya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: