Sukses

Sri Sultan HB X Pastikan Rombongan Raja Belanda ke Keraton Yogyakarta Bebas Virus Corona

Raja dan Ratu Belanda sebelumnya sempat mampir ke Keraton Yogyakarta saat berkunjung ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X angkat suara soal isu anggota rombongan Raja dan Ratu Belanda positif virus corona atau Covid-19. Saat berkunjung ke Indonesia, Raja dan Ratu Belanda juga sempat mampir ke Keraton Yogyakarta. 

Sri Sultan HB X menyatakan, bahwa sebelum kedatangan Raja dan Ratu Belanda, pihaknya telah meminta kepastian kondisi kesehatan rombongan tersebut. Pasalnya di daratan Eropa, sejumlah negara telah ditemukan ada pasien positif Covid-19.

"Semua clear. Tidak hanya mendapat masukan, tapi sebetulnya sebelum kehadiran saya minta itu clear. Ya sudah," ujar Sri Sultan HB X di Kepatihan, Minggu (15/3/2020).

Sri Sultan HB X juga membantah kabar yang menyebut dirinya dan keluarganya masuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 pasca-kunjungan Raja dan Ratu Belanda.

"Tidak. Itu tidak betul (Sultan dan keluarga masuk daftar ODP). Kami tahu isu itu. Tapi sudah clear," tegas Sri Sultan HB X.

Sebagaimana diberitakan, rombongan Raja dan Ratu Belanda berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada Rabu (11/3/2020). Dalam rombongan Raja dan Ratu Belanda ini, terlihat pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

 

Reporter: Purnomo Edi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.