Sukses

Cegah Corona, Ini Imbauan Gubernur Anies untuk Jemaah yang Akan Salat Jumat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta seluruh masyarakat Ibu Kota tetap waspada terhadap penyebaran virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta seluruh masyarakat Ibu Kota tetap waspada terhadap penyebaran virus corona. Khususnya saat akan menjalankan ibadah salat Jumat.

Anies menyampaikan, Badan Kesehatan Dunia atau The World Health Organization (WHO) telah mengumumkan bahwa virus corona telah menjadi epidemi global. Di Jakarta pun kasus tersebut masih terus bertambah.

"Oleh karena itu kewaspadaan daripada wabah ini harus kita tingkatkan. Prinispnya memang sederhana, jangan panik, tapi jangan pula menganggap enteng, jangan meremehkan," tutur Anies dalam pesan suaranya, Jumat (13/3/2020).

Anies mengutip hadis Rasulullah, "Jika kalian berada di sebuah tempat yang terserang wabah, maka janganlah kalian keluar darinya. Dan Apabila kalian mendengar wabah itu di suatu tempat, maka janganlah kalian mendatanginya."

Kemudian pesan Umar bin Khattab, "Menghindari wabah bukanlah lari dari takdir Allah, tapi berpindah dari satu takdir Allah ke takdir Allah yang lain."

Dari situ, Anies berpesan kepada seluruh umat muslim yang menunaikan ibadah salat Jumat.

"Pertama saat berjamaah salat Jumat dan kegiatan salat jamaah lainnya di masjid, bawalah sajadah sendiri atau bawa sapu tangan untuk alas sujud," jelas dia.

Kemudian, yang kedua agar umat muslim mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah kegiatan salat Jumat. Ketiga, untuk sementara waktu hindari jabat tangan atau cium pipi.

"Gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa saling bersentuhan," kata Anies.

Selanjutnya keempat, bila sedang flu atau batuk, maka gunakan masker. Dan bila tiba-tiba akan batuk atau bersin, maka tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau lipatan siku tangan.

Anies juga meminta para pengurus masjid agar rutin memberikan pesan terkait virus corona saat pengumuman salat Jumat. Ingatkan jamaah untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari sentuhan fisik untuk sementara waktu. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembersihan Masjid

Yang kedua, lanjutnya, bantu jamaah dengan menyediakan sabun di area-area wudhu. Yang ketiga, agar proses pembersihan masjid ditingkatkan.

"Ini amat sangat penting sekali. Mari sama-sama kita meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta," Anies menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.