Sukses

Kronologi Pengungkapan 2 Pasien Baru Positif Corona

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto menceritakan, penelusuran dua kasus baru tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Saat ini, jumlah pasien positif covid-19 di Indonesia menjadi 4 orang. Dua orang ini terkait dua pasien positif Corona sebelumnya.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto menceritakan, penelusuran dua kasus baru tersebut.

Menurut dia, saat dua pasien dinyatakan sebagai kasus 1 dan 2 Corona di Indonesia, pemerintah melakukan contact tracking. Pemerintah menelusuri siapa saja yang melakukan kontak dengan kedua pasien itu.

"Begitu menengarai ada sekelompok komunitas terpapar covid-19 diputuskan segera contact tracking melakukan penelusuran, mencari mengidentifikasi orang-orang yang kontak dekat dengan kasus 1 dan 2," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Istana, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Awalnya, pemerintah menerima data 80 orang yang berada di tempat itu. 80 orang ini merupakan gabungan dari tamu, pegawai, termasuk orang-orang yang berada di sekitarnya yang memungkinkan terjadi kontrak, seperti tukang parkir.

"Dinas Kesehatan Jakarta karena kejadian di Jakarta dibantu Polri dan BIN mengidentifikasi 80 orang dan bisa dikecilkan karena ada orang-orang yang berada di ruangan itu karena tukang parkir dan juru masak enggak masuk, dikecilkan jadi 20," tutur Yurianto.

Setelah itu, tim melakukan pendalaman. Dari 20 orang ini, bisa dikerucutkan lagi menjadi 7 orang. Tujuh orang tersebut kemudian dibawa ke RS Sulianti Saroso, diobservasi dan diiisolasi.

"Kita lakukan serangkaian pemeriksaan karena ketujuh orang ini memiliki gejala fisik yang mengarah ke influenza meski tidak ada yang berat, hanya ringan sedang pilek dan panas enggak tinggi. Kita lakukan pemeriksaan dan 7 orang ini tidak masuk pada hari yang bersamaan," kata Yurianto.

Setelah diobservasi, dari tujuh orang ini, dua di antaranya dinyatakan positif Corona.

"Dari 7 orang ini kita dapatkan 2 orang confront positive, yang kita sebut sebagai kasus nomor 3 dan 4," jelas Yurianto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telusuri Orang yang Kontak dengan Pasien 3 dan 4

Untuk itu, pemerintah akan menelusuri orang-orang yang kontak langsung dengan dua pasien yang baru saja dinyatakan positif corona.

"Pasti akan ada subklaster," kata Yurianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.