Sukses

Banjir di Perumahan Duta Indah Pondok Gede Terparah dalam 3 Dekade Terakhir

Liputan6.com, Jakarta Perumahan Duta Indah, Jatimakmur, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, menjadi salah satu wilayah yang terdampak banjir besar pascahujan deras sejak Senin, 24 Februari malam. Diketahui, hujan dengan curah tinggi turun sejak pukul 11 malam dan tak berhenti hingga waktu fajar.

Imbasnya, debit air di aliran sungai di sekitar perumahan tersebut meluap hingga ke jalanan dan menyebabkan banjir. Parahnya, salah satu tanggul kali di dekat pos satpam Jalan Melati 3 jebol karena tak sanggup menahan derasnya debit air.

"Suaranya kenceng banget jam 2-an," ujar Febry (28), salah seorang warga yang rumahnya tak sampai 50 meter dari titik jebolnya tanggul tersebut, Selasa (25/2/2020).

Air yang meluap dari sungai ditambah jebolnya tanggul membuat banjir semakin tak terkendali. Ketinggian air yang awalnya masih semata kaki, secara cepat meningkat hingga setinggi lutut bahkan paha orang dewasa.

"Kejadiannya cepat sekali, ini terparah selama hampir 30 tahun saya tinggal di sini," kata Rahardjo (60) di lokasi kejadian.

Rahardjo mengatakan, dia dan keluarga saat 20 tahun lalu pernah merasakan kebanjiran yang parah. Saat itu diakuinya memang tanggul kali belum ditinggikan.

Setelah tanggul diperbaiki, kompleks perumahan tersebut aman dari banjir. Namun, sejak hujan deras di awal tahun 2020, perumahan Duta Indah kembali terendam banjir.

"Di Duta Indah ini sebetulnya jarang banjir parah, cuma genangan aja sebentar juga surut. Kecuali yang komplek belakang karena konturnya, tapi kalau Duta Raya dan perumahan kompleks sangat jarang, baru awal tahun kemarin dan hari ini," keluhnya pasrah.

 

2 dari 3 halaman

Ditemukan Mobil Hanyut

Selain berimbas ke dalam rumah dan pemadaman listrik sejak subuh, fenomena banjir di Perumahan Duta Indah juga diperparah dengan hanyutnya sebuah mobil sedan berwarna silver.

Niko (29), salah seorang warga yang tengah berkeliling kompleks sekira pukul 08.00 WIB pagi tadi menemukan sebuah mobil hanyut dan melintang di sebuah jalan.

"Iya tadi ada mobil, tidak tahu punya siapa," ujar dia sambil menunjukkan foto tersebut.

Pantauan Liputan6.com di lokasi pukul 15.00 WIB, banjir masih merendam perumahan Duta Indah. Banjir hari ini dirasa warga lebih parah dari yang sempat terjadi di awal 2020.

Bantuan evakuasi seperti perahu karet dan truk TNI sudah terparkir di depan kompleks guna membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir setinggi dada orang dewasa.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: