Sukses

Beri Motivasi ke Peserta CPNS, Menaker: Kalian Harus Percaya Diri!

Menaker Ida berpesan jika nanti peserta tidak lolos SKD jangan berkecil hati.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mulai menggelar proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membuka dan meninjau langsung pelaksanaan SKD untuk lokasi Jakarta, tepatnya di Gedung Pencak Silat TMII, Jakarta Timur. Seleksi itu diikuti oleh 11.407 pada 17-21 Februari 2020. 

Menaker Ida mengingatkan agar para peserta ujian CPNS percaya terhadap kemampuan dan potensi diri sendiri selama mengikuti tes dan jangan pernah tergoda berbagai modus penipuan.

"Kalian harus percaya diri. Jangan percaya kepada siapapun yang menawarkan bisa lolos! Itu semua hoaks. Karena saya sendiri tidak bisa menolong, yang bisa menolong adalah diri kalian sendiri," kata Menaker Ida, Jakarta (17/2).

Turut hadir dalam kesempatan itu Plh. Sekjen Kemnaker Haiyani Rumondang, Deputi Bidang SINKA BKN Suharmen, Kepala Pusat PSR Heri Susilowati serta Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Kemnaker Helmiaty Basri.

Menaker Ida juga mengapresiasi antusiasme para peserta seleksi CPNS yang sudah datang satu setengah jam sebelumnya. PNS merupakan suatu cara untuk mendedikasikan diri kepada negara.

"Itu karena bagian kecil dari Indonesia kalian harus bersyukur dan bangga. Karena untuk masuk ke sini tidaklah gampang, dari 21.229 yang daftar, yang lolos dan berhak ikut SKD hanya 17.623 pelamar. Jika kalian bekerja keras dan berhasil lulus maka kalian akan menjadi bagian dari 416 cpns kemnaker," kata Ida.

Restu orang tua lanjut Ida merupakan suatu yang penting lainnya disamping percaya pada kompetensi dan kemampuan diri. Jika itu dilalui maka niscaya kalian akan lolos."Saya yakin dan percaya kalian itu semua baik, tapi harus diseleksi lagi yang terbaik," kata Ida.

Namun, Menaker Ida berpesan jika nanti peserta tidak lolos SKD jangan berkecil hati."Jika kalian tidak lolos maka ada cara lain untuk mengabdikan diri kepada negara ini, tidak hanya melalui PNS. Jangan berkecil hati dan tetap semangat," kata Ida.

Menaker Ida memastikan proses seleksi di lingkungan Kemnaker berjalan secara transparan dengan adanya sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dibangun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada BKN yang menjadi mitra tes pada SKD ini. Kita semua berharap pelaksanaan tes SKD CPNS di seluruh Indonesia dapat berjalan lancar dan baik," tutup Ida.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.