Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Guncang Kota Padang Panjang

BMKG menginformasikan gempa hari ini telah mengguncang Kota Padang Panjang dengan magnitudo 4,1.

Liputan6.com, Jakarta Ada satu gempa yang mengguncang wilayah Indonesia hari ini. Hingga Kamis (13/2/2020), pukul 20.30 WIB, lindu goyangkan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa berkekuatan magnitudo 4,1 terjadi pada pukul 01:37:49 WIB. 

Gempa tersebut berpusat di darat atau sekitar 8 kilometer timur Laut Padang Panjang dengan kedalaman 10 kilometer. 

Sedangkan lokasi gempa terletak pada koordinat 0,4 Lintang Selatan (LS) dan 100,44 Bujur Timur (BT). Hingga kini belum ada informasi resmi dari BMKG terkait potensi tsunami maupun dampak yang ditimbulkan akibat gempa.

Sementara itu, getaran gempa terasa dalam skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) di Kota Payakumbuh. Lindu juga dirasakan di Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Bukit Tinggi dalam dalam skala III sampai IV MMI. 

 

(Okti Nur Alifia)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Padang Panjang