Sukses

INFOGRAFIS: Indonesia Tolak Pemulangan WNI Eks ISIS

Menurut Menko Polhukam Mahfud Md, pemerintah tetap pada pendirian menolak pemulangan ratusan WNI eks ISIS. Tak ada opsi lain yang akan diambil.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan tak akan memulangkan WNI eks ISIS atau kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah. Keputusan menolak foreign terrorist fighters atau FTF yakni teroris lintas batas negara itu dihasilkan usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa 11 Februari 2020.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, pemerintah tetap pada pendiriannya. Dengan demikian, tak ada opsi lain yang akan diambil terkait WNI eks ISIS.

Ada 689 WNI eks ISIS yang dikabarkan tersebar di Suriah, Turki, dan beberapa negara terlibat FTF. Sebagian dari mereka adalah wanita dan anak-anak. Namun, sejauh ini, belum ada data pasti mengenai identitas mereka.

Apa pertimbangan pemerintah menolak WNI eks ISIS? Negara mana saja yang menolak dan menerima mantan pengikut ISIS? Simak dalam Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.