Sukses

Menkes: Belum Ada Pasien Positif Terpapar Virus Corona di Indonesia

Kementerian Kesehatan, kata dia, masih menunggu hasil laboratorium terkait pemeriksaan pasien yang terduga virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan hingga kini belum ada masyarakat di Indonesia yang positif terjangkit virus Corona. Virus yang berasal dari Kota Wuhan, China ini diketahui telah menyebar ke sejumlah negara.

"Sampai detik ini belum ada pasien yang positif," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Terawan mengakui ada sejumlah pasien yang dirawat di rumah sakit karena terindikasi terpapar virus Corona. Meski begitu, dia menegaskan bahwa pasien tersebut masih belum positif terpapar virus yang telah menewaskan puluhan orang di China itu.

"Kalau yang dirawat masih ada, tapi yang positif belum. Semua masih diperiksa, nanti kalau hasilnya apa, nanti akan kita kemukakan apa adanya," jelasnya.

Terawan mengaku belum mengetahui pasti jumlah pasien terindikasi terpapar virus Corona. Kementerian Kesehatan, kata dia, masih menunggu hasil laboratorium terkait pemeriksaan pasien yang terduga virus Corona.

"Nunggu 1 atau 2 hari, kalau misalnya hasilnya keluar akan diputuskan. Kalau pasien yang sudah tidak panas dan sudah tidak kenapa-napa tapi kan kita harus sesuai SOP," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi WNI di Wuhan

Disisi lain, Terawan juga memastikan bahwa 243 warga negara Indonesia yang berada di Wuhan masih dalam keadaan sehat. Menurutnya, belum ada gejala yang menunjukkan 243 WNI itu terpapar virus Corona.

"Artinya apa? Nomor satu itu imunitas tubuh kita yang harus dijaga," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.