Sukses

Dewan Pengawas Bakal Evaluasi Kinerja Pimpinan KPK Tiap 3 Bulan

Dalam rapat tinjauan kinerja, Dewas akan memberikan rekomendasi evaluasi capaian pimpinan KPK dengan indikator kinerja utama dan target kinerja.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Syamsuddin Haris menjelaskan, pihaknya bakal mengevaluasi kinerja pimpinan KPK setiap tiga bulan.

"Meski demikian kami dan pimpinan KPK sudah sepakat efektivitas evaluasi dilakukan secara tiga bulanan atau triwulan," kata Syamsuddin dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Syamsuddin menjelaskan, bakal ada evaluasi melalui rapat tinjauan kinerja setiap tiga bulan. Dewas akan menggunakan metode pos audit.

"Kedua melalui laporan akuntabilitas kinerja KPK yang disampaikan tahunan," kata dia.

Syamsuddin mengatakan, dalam rapat tinjauan kinerja, Dewas akan memberikan rekomendasi evaluasi capaian pimpinan KPK dengan indikator kinerja utama dan target kinerja.

Rekomendasi Dewas akan dicatat dalam laporan capaian kinerja yang ditandatangani pimpinan KPK dan Dewas sendiri.

Untuk evaluasi tahunan, Syamsuddin menuturkan tidak hanya evaluasi akumulasi dari evaluasi tiga bulan dan evaluasi keseluruhan.

"Ketiga adalah mengevaluasi kinerja pegawai KPK. Dalam evaluasi kinerja pegawai KPK, dewas menghasilkan produk di antara lain evaluasi dan rekomendasi atas kinerja KPK secara tahunan," jelasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.