Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Getarkan Indonesia 3 Kali

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku bergetar.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menggetarkan beberapa titik wilayah di Indonesia, Rabu (22/1/2019). Hingga Pukul 19.15 WIB, setidaknya ada tiga lindu terjadi di Nusantara.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari lama resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id.

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku bergetar. Kekuatannya bermagnitudo 3,4 dan terjadi pada pukul 08:09:53 WIB.

Selanjutnya pada pukul 10.49.29 WIB, lindu juga menghampiri Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kekuatan  magnitudo lindu 4,6.

Berikut tiga gempa yang menggetarkan Indonesia hari ini yang dihimpun Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masohi

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Masohi, Pulau Seram, Provinsi Maluku pada pukul 08:09:53 WIB. Gempa itu berkekuatan magnitudo 3,4 dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini berpusat di laut berjarak 2 kilometer utara Masohi dengan titik 3,32 Lintang Selatan-128,92 Bujur Timur.

3 dari 4 halaman

Bima

Tidak hanya itu, gempa juga terjadi di Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada pukul 10:49:29 WIB. Lindu ini bermagnitudo 4,6 dengan kedalaman 119 Kilometer.

Gempa ini terjadi pada garis 8,76 Lintang Selatan-119,31 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 70 kilometer tenggara Kota Bima.

4 dari 4 halaman

Sinabang

Beberapa menit kemudian, gempa menggetarkan Sinabang, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Lindu yang terjadi pada pukul 10:58:45 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,5 dan kedalaman 10 kilometer.

Gempa berpusat di laut 34 kilometer barat daya Sinabang. Titik lindu berada pada titik 2,17 Lintang Selatan-96,31 Bujur Timur.

 

(Rizki Putra Aslendra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa