Sukses

Gerindra dan PKS Ajukan Riza Patria dan Nurmansyah Lubis Jadi Cawagub DKI

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan dua nama calon wakil gubernur atau cawagub DKI pengganti calon sebelumnya.

"Dua nama yang telah dijadikan cawagub DKI yaitu satu saudara Nurmansyah Lubis dari PKS dan  kedua adalah saudara Riza Patria dari Partai Gerindra," kata Dasco di gedung DPRD DKI Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020).

Dia menyebut dua nama yang ajukan saat ini telah disepakati bersama antara Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kedua partai tersebut merupakan pengusung pasangan Anies-Sandi di Pilkada DKI 2017.

Rencananya surat dua mana cawagub diserahkan kembali ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Pada hari ini saya membawa surat yang ditujukkan kepada gubernur DKI yang ditandatangani dua belah pihak PKS dan Gerindra," ucap dia.

Riza Patria, sebelumnya tidak membantah, atau membenarkan namanya ditunjuk sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta dari Gerindra. Riza mengaku masih menunggu pengumuman resmi.

"Nanti kan kita masih menunggu rekom PKS Gerindra, siapa dua nama yang diusulkan PKS Gerindra, kita masih menunggu pengumuman resmi," ujar Riza di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2019).

Riza mengatakan, keputusan siapa nama yang akan diusulkan ke DPRD DKI Jakarta berada di tangan PKS. Dia mengatakan, akan ada satu nama dari PKS dan satu dari Gerindra.

"Semuanya diserahkan kepada PKS. Gerindra menyerahkan kepada PKS. Untuk mengusulkan dua nama untuk memilih satu nama dari Gerindra kan diserahkan kepada PKS. tentu satu nama dari PKS. nanti kami menunggu (pengumuman resmi)," ujar Riza.

 

 
2 dari 3 halaman

Pengganti Dua Calon PKS

Sebelumnya, dua Partai PKS telah menyerahkan kedua nama Cawagub ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan diproses oleh DPRD DKI Jakarta.

Kedua nama tersebut yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Sementara itu, Presiden PKS Sohibul Iman menuturkan, pihaknya menarik satu nama calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. PKS menarik nama Ahmad Syaikhu yang kini sudah menjadi anggota DPR.

"Kalau dari internal PKS jelas, Pak Syaikhu. Dia sudah dilantik di DPR. Dia yang kita cabut," ujarnya di kantor DPP PKS, Senin (6/1/2020).

PKS masih menyisakan satu nama, yaitu Sekretaris DPW DKI Jakarta PKS, Agung Yulianto. Namun, PKS juga mempertimbangkan mengganti Agung dengan kader PKS yang lain.

"Ya, sisanya ada Pak Agung, kan. Ya, nanti kita lihat apakah tetap Pak Agung atau kita ambil yang lain, yang jelas tetap ada kader PKS," kata Sohibul.

Sohibul mengatakan, PKS mempertimbangkan mengubah bakal calon wagub yang akan disodorkan ke DPRD DKI, lantaran terlihat keengganan. Karenanya, PKS mempertimbangkan nama eksternal untuk dicalonkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Konser Satu Cara #MusicAgaintsCorona | Kamis, 9 April 2020 dan Jumat, 10 April 2020
Loading