Sukses

Top 3 News: Ini Waktu yang Tepat Melihat Gerhana Bulan Penumbra

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, gerhana bulan penumbra akan terlihat di langit Indonesia, Sabtu (11/1/2020) dini hari nanti. Dari total enam gerhana yang teramati tahun ini, empat di antaranya bisa terlihat di Tanah Air. 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melihat fenomena tersebut?

Bagi mereka yang tinggal di wilayah Indonesia bagian barat, munculnya gerhana bulan penumbra dimulai pukul 00.05 dan puncaknya pada pukul 02.10 WIB. Sementara, fase gerhana bulan akan berakhir pukul 04.14 WIB.

Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Saat gerhana bulan penumbra terjadi seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra bumi. Sehingga, bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Berita lainnya yang tak kalah menyita perhatian di kanal news Liputan6.com adalah kematian mendadak Lina yang merupakan mantan istri komedian Sule. Merasakan hal janggal, Rizky Febian melaporkan kematian sang ibu ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Senin, 6 Januari 2020.

Menurut putra sulung Sule ini, sang ibu tak memiliki riwayat penyakit jantung yang diduga menjadi penyebab kematiannya.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Jumat, 10 Januari 2020:

2 dari 5 halaman

1. Gerhana Bulan Penumbra Perdana Tahun 2020

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Pada gerhana ini, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra bumi. Sehingga, bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Menurut BMKG, sebelumnya pada 30 Desember 2001 pernah juga terjadi gerhana bulan penumbra.

"Adapun gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra 21 Januari 2038," tulis BMKG.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Babak Baru Meninggalnya Lina Mantan Istri Sule

Kasus meninggalnya Lina, mantan istri Sule memasuki babak baru. Sebelumnya, dua hari setelah ibunda, Lina Jubaedah, meninggal dunia, Rizky Febian melaporkan kematian sang ibu ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Senin, 6 Januari 2020.

Laporan Rizky Febian ini dilayangkan karena ada dugaan kematian tak wajar dari mendiang Lina.

"Dari laporannya bahwa kecurigaan itu adanya luka lebam di tubuh almarhum. Dari laporan itu penyidik Polrestabes Bandung akan mendalami, menindaklanjuti laporan saudara Rizky Febian," kata Kombes Saptono Erlangga selaku Kabid Humas Polda Jabar saat dihubungi, Selasa, 7 Januari 2020.

Teddy, suami almarhum juga dimintai keterangan oleh pihak kepolisian sebagai saksi. Selama olah TKP, Teddy sendiri bersikap kooperatif.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Mahfud Md: Presiden Sudah Perintahkan Gebukin Semua yang Korupsi

Menko Polhukam Mahfud Md menaruh perhatian terhadap isu terjadinya korupsi di tubuh PT Asabri. Mahfud meminta pihak yang mencurigai ada praktik korupsi tersebut bisa langsung melaporkan kepada dirinya.

"Jadi kalau orang selalu curiga, kasih ke saya siapa yang terlibat, saya antarkan nanti ke KPK atau Kejaksaan," ujar Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020. 

Dia menegaskan, Presiden Jokowi tidak mentolerir praktek semacam itu di tubuh pemerintahannya. Oleh karenanya, presiden sudah menginstruksikan untuk memberangus para koruptor.

Dalam kasus Asabri, Mahfud meminta pihak terkait untuk jangan mendiamkan bila ditemukan praktek koruptif di sana.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: